Gunungsari Mencekam Diterjang Banjir dan Longsor

Banjir dan longsor di Sukanagara

RADARCIANJUR.com – Cianjur Selatan dihajar bencana lagi. Kali ini, hujan deras disertai angin kencang membuat tebing di Kampung Babakanmala RT04/RW04, Desa Gunungsari, Kecamatan Sukanagara longsor dan banjir.

Hujan yang terjadi sekitar pukul 16:30 WIB itu mengakibatkan empat rumah warga rusak berat. Meski tak ada korban jiwa, namun satu korban yang masih berstatus pelajar mengalami luka ringan.

Tiga rumah warga yang mengalami rusak berat akibat longsor masing-masing Oom (60), Jubaedi
(55) dan Endang (60). Seluruh barang-barang yang berada di dalam rumah tertimbun material tanah. Sedangkan satu rumah milik warga mengalami ambruk akibat bencana banjir. Sedangkan Silvi Aprianti (16) yang masih pelajar terlilit tangan kanannya.

Banjir mengakibatkan puluhan rumah terendam air. Hektaran sawah terancam gagal panen. Hingga tadi malam, warga yang menjadi korban bencana longsor maupun banjir harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Kepala Desa Gunungsari, Ade Hidayat mengatakan, akibat bencana tebing longsor yang terjadi kemarin sore tadi, sedikitnya tiga rumah milik warga hancur. Begitupun barang-barang berharga milik korban tertimbun. “Masih bersyukur tidak ada korban jiwa, kemungkinan data bertambah. Ini baru data sementara,” katanya kepada Radar Cianjur.

Salah satu warga setempat, Budi alias Abuy (40) menambahkan, hingga tadi malam pemerintah Desa (pemdes) dan warga masih sibuk melakukan pendataan dan memindahkan material tanah serta mengamankan barang dari rendaman banjir. “Bahkan saat ini (kemarin malam, red) kami masih sibuk (urus dampak bencana),” tuturnya.

Kepala BPBD Cianjur, Dody Permadi menjelaskan, sudah menerima informasi terkait bencana yang terjadi di Kecamatan Sukanagara itu. Pihaknya sedang persiapan untuk menindaklanjuti hal itu dan melakukan pendataan. “Akan ditindaklanjuti. Kini (kemarin, red) sudah pada berangkat menuju lokasi kejadian,” ungkapnya.

(mat/jay)