Hari Pertama UNBK Molor

GANGGU KONSENTRASI: Sedikitnya 35 siswa SMKN 1 Sindangbarang mengalami kendala akibat pemadaman listrik dan gangguan internet. Foto: Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 1 Sindang Barang, Kecamatan Sindangbarang pada Senin (25/3) tak berjalan mulus. Kendala padam listrik hingga gangguan internet membuat pelaksanaan jadwal UNBK di sekolah molor selama dua jam.

Kepala SMKN 1 Sindangbarang, Maslaelawati mengatakan, akibat adanya pemadaman dan gangguan jaringan intetnet, jadwal pelaksanaan UNBK yang semula dijadwalkan pukul 07:00 WIB, terpaksa baru bisa dilaksanakan sekitar pukul 09:00 WIB. “Kami sudah menyiapkan genset. Tetapi saat listrik mulai normal pakai genset, malah ada gangguan internet,” katanya.

Menurutnya, selain terkendala listrik padam dan gangguan internet, para siswa di sekolah ini juga terkendala jalan rusak sehingga saat datang di sekolah para siswa terlambat. “Di sini ada 35 siswa yang menjadi peserta UNBK, namun kendala lain adalah jalan sepanjang dua kilometer menuju ke sekolah rusak parah yang terkadang membuat para siswa terlambat datang ke sekolah,” tuturnya.

Siswi kelas XII SMKN 1 Sindangbarang, Siska menjelaskan, adanya gangguan listrik dan jaringan internet sangat mengganggu konsentrasi saat mengerjakan soal Bahasa Indonesia di hari pertama kemarin. Para peserta UNBK terpaksa harus mengulang kembali membaca soal dari awal. “Cukup mengganggu juga, jadinya konsentrasi terganggu juga,” ungkapnya.

Kendati mendapat kendala, secara keseluruhan UNBK hari pertama ini bisa dijalaninya dengan cukup baik. “Alhamdulillah hari pertama ini saya lancar dan bisa mengerjakannya dengan baik,” ucap gadis manis ini.

Akan tetapi, ia berharap agar gangguan serupa tak akan terjadi lagi untuk UNBK di hari kedua. Alasannya, selain cukup mengganggu, juga cukup mengesalkan. “Keselnya kalau sudah ada gangguan listrik atau gangguan jaringan internet, terpaksa saya harus mengulang lagi membaca soal dari awal,” jelasnya.

(dil)