KPU Cianjur Sasar Pemilih Pemula dan Disabilitas

SOSIALISASI: KPU Cianjur memberikan sosialisasi ke 11 basis di Wilayah Utara Cianjur. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur menggelar sosialisasi penyelenggaraan Pemilu 2019 dengan sasaran para pemilih pemula, disibalitas, dan relawan demokrasi di salah satu aula Desa di Pacet, Selasa (26/3) kemarin.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh setidaknya 200 peserta dari sejumlah desa.

Anggota KPU Cianjur Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rustiman menuturkan, ada sejumlah poin penting dalam sosialisasi kali ini.

Pertama, yakni untuk menyampaikan terkait pelaksanaan Pemilu 2019 yang dihelat pada 17 April 2019 mendatang.

Kemudian yang kedua, seberapa banyak surat suara yang akan pemilih dapatkan, dan ketiga barulah hal krusial lainnya, yakni teknis pencoblosan yang sah.

“Kami sampaikan hal-hal tersebut kiranya menjadi bahan yang bisa bermanfaat bagi peserta semuanya,” kata Rustiman usai melakukan sosialisasi.

Rustiman menambahkan, pihaknya juga memberikan sosialisasi surat suara khusus untuk kaum disabilitas. Yakni untuk mencoblos calon presiden dan wakil presiden, serta DPD RI.

“Walaupun hari ini kita belum datang untuk surat suaranya, tetapi sudah dipastikan itu (surat suara untuk kaum disabilitas, red) disediakan. Dan nantinya difasilitasi oleh KPU RI,” katanya.

Ia menjelaskan, sosialisasi kali ini bukan hanya ditujukan untuk kaum disabilitas saja, tetapi juga untuk 11 basis.

Yang pertama basis keluarga, basis keagamaan, basis pemula, basis muda, basis disabilitas, basis marginal, berkebutuhan khusus, komunitas, demokrasi, komunitas dan yang lainnya.

“Yang paling pokok dari 11 basis tersebut, bisa menjadikan Pemilu 2019 ini menjadi sukses, aman, lancar, dan bisa berkontribusi semuanya,” harapnya.

Terkait sosialisasi secara umum, menurutnya, memang membiarkan sosialisasi ini ke semua Leading Sector. Bahkan KPU juga memiliki relawan demokrasi sebanyak 55 orang. Dan ini merupakan salah satu kegiatan relawan demokrasi untuk menyasar basis-basis sesuai dengan relawan demokrasinya.

“Harapan kedepan tentunya target akhir mereka harus datang ke TPS dan menggunakan hak suaranya. Itu yang sangat diharapkan oleh kami, dan semua unsur dari Pemilu ini,” tutupnya.

(dan)