Driver Ojol di Cianjur Ini Nekad Nyaleg

Eddy Kusnadi saat akan berangkat ngojek sambil sosialisasi

RADARCIANJUR.com – Seorang warga Desa Hegarmanah, Kecamatan Karangtengah, Eddy Kusnadi, tak ragu untuk menjadi salah seorang calon legislatof (Caleg) untuk DPRD Kabupaten Cianjur pada Pemilu 2019. Tukang ojek online itu maju sebagai Caleg Partai Amanat Nasional (PAN) dari Dapil 2, yang meliputi Kecamatan Cugenang, Pacet, Cipanas, Sukaresmi, dan Cikalongkulon.

Selain untuk memperjuangkan rakyat kecil seperti dirinya, pria yang juga berprofesi sebagai guru honorer ini mengaku ingin membuktikan bahwa biaya politik itu tidak selalu mahal dan menutup kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi wakil rakyat. Baginya, niat yang tulus dan keinginan yang kuat akan mengalahkan apa pun yang menjadi penghalang untuk dirinya mengabdi kepada rakyat.

Eddy mengatakan awal mula keinginannya mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Kabupaten Cianjur, karena ingin menyejahterakan para driver ojol dan guru honorer, karena selain ojol Eddy juga seorang guru yang sudah mengabdi belasan tahun dan kini sedang mengambil cuti.

“Ingin memperjuangkan nasib para pengemudi ojek online agar lebih sejahtera. Selain itu saya memiliki keinginan untuk memperjuangkan ke tingkat pusat sebuah UU yang akan melindungi para driver grab, juga memperjuangkan tenaga honorer di Cianjur agar lebih sejahtera dan untuk masyarakat umum,” paparnya saat diwawancarai, Senin (25/3).

Menurut Edy sebelum menjadi caleg ia biasa mangkal di sekitaran BLK Kecamatan Cianjur. Namun semenjak maju mencalonkan diri, tempat mangkalnya pindah ke Cipanas mendekati dapilnya.

“Sebelum nyalon setahun lalu narik di daerah BLK dan Joglo.
Setelah saya mencalonkan diri kini on bid di daerah dapil 2. Saat on bid waktu anyep saya pergunakan untuk sosialisasi,” tuturnya.

Sementara itu untuk dana kampanye Eddy mengaku menyisihkan uang dari pendapatan ngojek dibagi dua. 50 persen untuk ke dapur dan 50 persen untuk biaya kampanye.

“Biaya kampanye ya saya cukup-cukupkan saja, karena saya melakukan kampanye dengan cara rumah ke rumah jadi lebih irit,” tambahnya.

Domisilinya yang berada di Hegarmanah Kecamatan Karangtengah tentu berjauhan dengan dapil tempatnya maju. Namun hal tersebut baginya tidak jadi masalah, karena ia mengaku punya strategi kampanye. Waktu untuk narik penumpang dimabfaatkan Eddy untuk sosialisasi.

“Begitu juga kalau narik di Cianjur tujuan ke dapil 2, maka saya lakukan hal yang sama,” katanya.

Eddy berjanji, jika terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Cianjur dirinya akan akan memperjuangkan Perda Ojol di Cianjur. Tujuannya agar lebih tertata dan rapi. Selain itu juga akan membuat sebuah badan koperasi resmi yang dinaungi oleh pemerintah.

“Koperasi tersebut bertujuan agar driver ojol semakin sejahtera, dengan cara menjual bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari lebih murah,” katanya.

Selain itu, Eddy juga akan membuka sebuah bengkel dan cuci steam motor mobil. Khusus driver ojol biaya akan lebih murah. Berbeda dengan dengan biaya buka driver.

“Kemudian melakukan penataan agar lebih rapi dengan membuat pangkalan khusus ojol yang akan terus dibantu,” pungkasnya.

(dil)