Hadirkan Atlet Muda di O2SN Kabupaten Cianjur

PRESTASI: Pelajar berprestasi dalam bidang olahraga jadi juara di O2SN Kabupaten Cianjur. FOTO:Hakim/Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Ratusan siswa SMP se-Kabupaten Cianjur hadiri penutupan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kabupaten di SMP Mardiyuana Cianjur. Penutupan dilakukan oleh Plt Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur, Sukirman didampingi panitia O2SN.

Sebanyak 102 SMP se-Kabupaten Cianjur mengikuti O2SN yang dipusatkan di empat tempat wilayah Cianjur Kota. Jenis lomba dalam O2SN diantaranya, Atletik, Bulu Tangkis, Pencak Silat, Karate, Renang, Futsal, Bola Voli, Bola Basket, Tenis Meja dan Catur.

Kasi Kesiswaan SMP Disdikbud Kabupaten Cianjur, Tatang Supriatna mengatakan, dengan segala keterbatasan, kegiatan 02SN tingkat Kabupaten Cianjur bisa terlaksana dengan lancar dan sukses.

“Saya sebagai Kasi Peserta Didik mengucapkan banyak terima kasih kepada Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, Plt Kepala Dinas Bapak Oting Zenal Mutaqin dan Plt Kabid SMP, Sukirman. Selain itu juga ketua dan Pengurus MKKS SMP juga seluruh Kepala Sekolah yang telah ikut dalam lomba tersebut, terutama kepada seluruh panitia lomba yang di ketuai oleh Ketua MGMP PJOK, Beni Helmi dan Dikdik Ahmad Mudzakir, sehingga kegiatan bisa terlaksana dengan lancar dan sukses,” ujar Kasi Kesiswaan SMP Disdikbud Kabupaten Cianjur, Tatang Supriatna.

Menurutnya, tanpa dukungan dan bantuan mereka semua, kegiatan lomba tidak nungkin bisa maksimal. Ia berharap untuk ke depannya kegiatan lomba tersebut yang sifatnya rutin program Kemendikbud seperti O2SN, OSN, FLS2N, GSI dan lainya yang dilaksanakan dari tingkat kecamatan bahkan Nasional. Merupakan unjuk kemampuan siswa tentang kognitif, afektif dan psyikomotorik, di mana ke tiga ranah ini adalah merupakan target yang harus dimiliki siswa selama duduk di bangku sekolah . Ajang lomba juga menjadi alternatif baru pembentukan karakter siswa.

“Memang benar dalam O2SN ini adalah ajang kompetisi dan unjuk kemampuan, akan tetapi lomba atau pertandingan pada dasarnya merupakan ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati dan olah rasa di samping pengembangan sikap dan kepribadian siswa,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, diharapkan kepada para pemegang kebijakan ke depannya hal ini perlu dianggarkan secara maksimal, karena kegiatan ini sifatnya tidak bisa ditawar lagi dan merupakan program tahunan. Di dinas pendidikan bukan hanya tingkat Kabupaten tapi Regional, Nasional bahkan internasional.

“Saya berharap ke depannya semua sekolah ikut berperan aktif mengikut sertakan peserta didiknya untuk menunjukan eksistensi lembaganya di ajang lomba tingkat kabupaten. Juga saya harap dukungan seluruh stake holder yang ada bisa memberi dukungan moril atau pun materil,” harapnya.

Dalam kegiatan O2SN tingkat Kabupaten Cianjur 2019, juara umum berhasil diraih oleh SMPN 1 Cianjur.

Adapun siswa dan sekolah yang meraih juara pada O2SN kali ini diantaranya, dari cabang olahraga atletik putra, juara pertama diraih oleh Aldi dari SMPN 3 Tanggeung, atletik putra nomor lari diraih oleh Taufik Sapta H dari SMPN 2 Cianjur. Atletik putra nomor Lempar juara ke satu diraih oleh Aldi dari SMPN 3 Tanggeung, Atletik putra nomor lompat juara pertama diraih oleh Aldi SMPN 3 Tanggeung.

Untuk atletik Puteri juara pertama diraih oleh Mauliza A dari SMPN 1 Cianjur, Atletik Putri nomor lari juara pertama diraih oleh Mauliza A dari SMPN 1 Cianjur, Atletik Puteri nomor lempar juara pertama diraih oleh Mauliza A dari SMPN 1 Cianjue, dan atletik putri nomor lompat juara pertama diraih oleh Mauliza dari SMPN 1 Cianjur.

Dari Cabang Olehraga Bulu tangkis Putra, juara pertama diraih oleh Parda dari SMPN 1 Cugenang, Bulu tangkis putri diraih oleh Denada dari SMPN 1 Ciranjang.

Dari Cabang Pencak Silat Putra juara pertama diraih oleh M Maulana dari SMPN 1 Cipanas, dan pencak silat putri diraih oleh D Tiara dari SMPN 1 Cipanas. Untuk karate puta juara pertama diraih oleh Arridzal Nurzikri dari SMPN 1 Cianjur, Karate Putri diraih oleh Faradila Az-Zahra dari SMPN 1 Cianjur.

Renang Putra diraih oleh M Rendi Atala dari SMP Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur, renang putri juara pertama diraih oleh Nazwa Zahra M dari SMPN 2 Cianjur. Catur Putra juara pertama diraih oleh diraih oleh Fajar Aditya R dari SMPN 1 Cipanas, dan Catur putri juara pertamanya diraih oleh Sheila Destri A dari SMPN 4 Cianjur.

Tenis meja Putra juara pertama diraih oleh Sahrul Ramdhani dari SMPN 1 Ciranjang, dan Tenis Meja putri diraih oleh Arimbi Ayu Bakta dari SMPN 1 Bojongpicung.

(kim)