Joko Purwanto Gandeng Kepala Desa se-Cianjur

DUKUNG: Anggota DPR-RI Fraksi PPP, Joko Purwanto sosialisasi mengenai pengembangan bank sampah di Hotel Bydiel.

RADARCIANJUR.com – Anggota DPR RI Fraksi PPP, Joko Purwanto menyapa kepala desa se-Kabupaten Cianjur dalam rangka sosialisasi mengenai pengembangan bank sampah dalam mendukung sirkular ekonomi masyarakat di Hotel Bydiel beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan tersebut, beberapa kepala desa mengeluhkan mengenai pengelolaan sampah dengan baik. Pasalnya, imbauan dirasa tidak cukup bagi para kepala desa ini. Penampungan sampah sendiri sudah disediakan di setiap desa, akan tetapi yang jadi permasalahannya karena keterbatasan Pemerintah Kabupaten Cianjur tidak memungkinkan melayani pembuangan sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Cukup miris sebenarnya dari 32 kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur, Pemkab hanya menyanggupi pelayanan sembilan kecamatan saja,” ujar Anggota DPR RI Fraksi PPP, Joko Purwanto.

Ini menjadi alasan klasik karena keterbatasan anggaran dan lainnya. Lanjutnya, ia menghimbau kepada Pemkab Cianjur agar adanya keterbukaan soal keterbatasan TPA yang harusnya juga disampaikan terhadap DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten Cianjur sehingga membuka diri dengan mencari solusinya.

Sehingga nantinya dengan komunikasi yang baik dan membuka diri dari Pemkab Cianjur, akan ada aspirasi dari pemerintah pusat untuk membantu keterbatasan pengadaan TPA tersebut.

Di acara tersebut, bersama dengan kepala desa membuka pikiran agar bisa bersama-sama mendapatkan jalan keluar dari pengelolaan sampah tersebut.

“Ini yang kita imbau, kita coba ketuk hati seluruh kepala desa yang ada agar sama-sama berpikir sehingga jangan adanya memposisikan diri atau mengkotak-kotak karena problem ego sentris entah itu karena kepentingan politik maupun kepentingan golongannya saja, sehingga itu menjadikan menutup diri untuk menerima bantuan-bantuan dari pihak lain,” paparnya.

(kim)