Bonus Atlit Porda Telat

FOTO: Hakim/ Radar Cianjur PENGHARGAAN ATLIT: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur memberikan bonus kepada para atlit Kabupaten Cianjur yang berjuang pada Pekar Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII 2018 di Kabupaten Bogor.

RADARCIANJUR.com-Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat ke XIII Tahun 2018 sudah berakhir. Namun tidak dengan para atlit Kabupaten Cianjur yang sudah berjuang pada ajang olahraga yang diadakan tiap empat tahun sekali itu.

Bonus yang harusnya diberikan pada tahun lalu nyatanya terlambat, tidak seperti kabupaten/kota lainnya yang langsung memberikan apresiasi kepada para atlitnya.

Keterlambatan tersebut dikarenakan kurangnya anggaran dan tidak ada anggaran yang diperuntukan bonus para atlit.

“Pada tahun 2018 itu KONI anggarannya kurang dan tidak ada anggaran untuk kadedeuh, sehingga pada tahun 2019 saya anggarkan lagi dan alhamdulillah di triwulan pertama bisa cair,” ujar Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman.

Total bonus yang diberikan kepada atlit yang berprestasi beragam. Dari mulai peraih mendali emas, perak dan perunggu.

Peraih mendali emas mendapatkan bonus sebesar Rp30 juta, perak Rp12 juta dan perunggu Rp6 juta. Bonus atau uang kadedeuh tersebut untuk perorangan.

“Uang kadedeuh yang diberikan tersebut perorangan dan untuk beregu kita beri juga,” ungkapnya.

Jumlah atlit yang mendapatkan prestasi yaitu sembilan atlit emas, lima atlit perak, 60 atlit perunggu dan pelatih serta manajer 24 orang.

Melihat peringkat Kabupaten Cianjur yang berada di posisi 24, menjadikan gambaran untuk melakukan perbaikan yang lebih baik kedepannya.

“Pada porda berikutnya kita akan antisipasi dari berbagai kekurangan walaupun anggaran di APBD kurang memuaskan, kita masih banyak mitra-mitra kerja yang turut mendukung dari berbagai pihak swasta,” paparnya.

Selain itu, akan adanya perbaikan insfrastruktur untuk para atlit seperti mes dan dilakukan secara bertahap.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Cianjur, Iwan Mustofa menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pemkab Cianjur yang sudah memberikan bonus atas perjuangan atlit pada Porda Jawa Barat tahun lalu.

“Tentunya kita berterimakasih atas bonus yang diberikan hari ini (kemarin, red) kepada para atlit dan kita berharap lebih baik,” ucapnya.

Ia menambahkan, berbicara mengenai anggaran, dirinya mengimbau agar bisa melihat dari Porda tahun lalu bahwa Kabupaten Cianjur yang begitu morat marit.

“Saya melihat kemarin perjuangan atlet sudah habis-habisan, selama ini pemberian bonus baru kali ini dilakukan setelah lama tak dapat, mudah mudahan ke depan bisa lebih baik,” katanya.

(kim/dil)