SPSI Cianjur Deklarasi Dukung Prabowo

INGIN PERUBAHAN: Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Cianjur dengan tegas mendeklarasikan dukungannya kepada capres nomor urut 02, Prabowo Subianto.

RADARCIANJUR.com – Buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Cianjur mendeklarasikan dukungannya kepada calon presiden (capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto. Deklarasi dukungan tersebut berlangsung di aula cafe Niku, Jalan Raya Bandung, Sabtu (30/3). Deklarasi buruh untuk Prabowo itu disaksikan Caleg DPR RI dari Partai Gerindra nomor urut 04, Irwan Ardi Hasman.

Sekretaris 3 SPSI PT Pouyuen Cianjur, Tressya Restiana mengatakan, kebijakan pemerintah saat ini dinilai kurang berpihak kepada buruh. Hal itu bisa dilihat dengan adanya PP No.78/2015 tentang pengupahan. “Adanya PP 78 membuat upah karyawan jadi tidak seimbang dengan kebutuhan sehari-hari,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya juga menyayangkan dengan adanya Peraturan Presiden (Perpres) No.20/2018 tentang Tenaga Kerja Asing. “Jujur, terus terang saja kami elemen buruh sangat-sangat terluka dengan Perpres 20/2018. Kenapa? Teman-teman kami korban PHK aja banyak belum dapat pekerjaan. Pengangguran-pengangguran lulusan SLTA masih banyak. Sekarang kok presiden dengan senangnya keluarkan Perpres 20/2018 tentang TKA?,” jelas Tressya.

Menurutnya, substansi dari TKA itu memberikan kemudahan TKA untuk masuk menggeser pekerjaan para kaum buruh dalam negeri. Mereka tidak setuju, meski maksud dari aturan itu adalah untuk mendorong investasi masuk ke dalam negeri. “Kami investasi setuju, tapi investasi yang dimaksud adalah investasi yang membawa kesejahteraan. Yaitu dengan terbukanya lowongan pekerjaan. Buat apa masuk investasi, tapi rakyatnya tidak bisa menikmati,” tuturnya.

Tressya menjelaskan, para buruh di Kabupaten Cianjur bisa dipastikan mendukung Prabowo-Sandi karena mereka ingin ada perubahan. Menurutnya, perubahan-perubahan yang diharapkan buruh di antaranya hapus outsourching dan peningkatan kesejahteraan. “Kami buruh di Kabupaten Cianjur sudah sepakat untuk mendukung Prabowo-Sandi,” ungkapnya.

Caleg DPR RI Dapil Jabar 3 Kota Bogor-Kabupaten Cianjur, Ir Irwan Ardhi Hasman dan semua perwakilan para buruh pabrik se-Kabupaten Cianjur menyatakan sikap untuk siap mendukung calon presiden-wakil presiden serta dirinya sebagai Caleg DPR RI dari Partai Gerindra.

“Alhamdulillah ya. Saya melihat antusias para buruh pabrik yang ada di Kabupaten Cianjur ini. Sangat jelas sekali mereka ingin sekali ada perubahan ke yang lebih layak,” paparnya.

(dil)