Waswas Pelaksanaan UNBK SMA, Cianjur Selatan Rawan Padam Listrik

Radar Cianjur 1 April 2019

RADARCIANJUR.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Atas (SMA) dilaksanakan hari ini (1/4). Namun, momok menakutkan dari beragam kendala tak bisa lepas dari pelaksanaan yang akan digelar hingga pekan depan ini.

Di Cianjur sendiri khususnya di wilayah selatan kerap kali dihantui dengan gangguan padam listrik. Belum lagi, kendala lainnya turut mengintai pelaksanaan UNBK. Tak ingin tinggal diam, berbagai persiapan sudah dilakukan dari mulai teknisi, pengawas hingga jadwal.

Demi terciptanya UNBK yang lancar dan tak terkendala beragam hal, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sudah mempersiapkan secara matang dari mulai sinkronisasi program, teknisi, pengawas dan jadwal UNBK. “Kita sudah melakukan pelatihan dan konsolidasi kepada proktor atau tim IT dari setiap daerah yang ada di Jawa Barat agar UNBK ini berjalan dengan lancar,” ujar Kadisdik Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika.

Sebelumnya, pihaknya pun telah memanggil Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang ada di setiap kabupaten dan kota di Jawa Barat termasuk Kabupaten Cianjur.

Kabupaten Cianjur khususnya di wilayah selatan dinilai berada pada wilayah yang relatif sulit soal kelancaran jaringan internet. Belum lagi, ditambah dengan adanya teror padam listrik dadakan. Pihaknya mengimbau kepada Disdikbud Kabupaten Cianjur agar menjaga kondusifitas dan situasi lingkungan.

Tak hanya itu, sarana prasarana pun harus berjalan dengan baik agar pelaksanaan UNBK tak ada kendala. “Saya meminta kepada Disdikbud Kabupaten Cianjur agar kondusifitas dan situasi lingkungan harus dijaga, sarana prasana harus berjalan dengan baik pada saat pelaksanaan. Karena beberapa waktu lalu kita sudah undang ke Provinsi Jabar untuk mempersiapkan UNBK ini,” paparnya.

Selain itu, Disdikbud harus bisa mengkonsolidasikan UNBK ini ke berbagai pihak yang turut serta dalam pelaksanaannya. Pasalnya, berbagai pihak pun turut membantu dalam suksesnya UNBK SMA yang dilaksanakan oleh 1.589 sekolah se Jawa Barat dan 226.610 peserta. “Disdik harus bisa mengkonsolidasikan UNBK ini ke berbagai pihak yang turut serta pada pelaksanaannya,” tegasnya.

(kim)