UNBK di SMAN 1 Cianjur, Belajar dari Ujian Tahun Lalu

Radar Cianjur 2 April 2019

RADARCIANJUR.com – Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dan swasta mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di hari pertama, Senin (1/4), dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Di SMAN 1 Cianjur, dari 458 jumlah siswa yang di antaranya 224 siswa dan 234 siswi, terbagi dalam tujuh ruangan dan tiga sesi pelaksanaan. Sejumlah siswa yang memgikuti UNBK tampak penuh konsentrasi menyelasaikan ujian berbasis komputer itu.

Wakasek Kurikulum SMAN 1 Cianjur, Srihastuti Rahayu mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi kemungkinan kendala dan gangguan dalam pelaksanaan UNBK tahun ini.

Salah satu bentuk antisipasi yang dilakukan pihaknya adalah dengan berlajar dari pengalaman pelaksanaan UNBK dari tahun-tahu sebelumnya. “Dalam beberapa tahun ini kita sudah melaksanakan UNBK. Jadi kita sudah terbiasa dan kita bisa belajar dari kekurangan tahun lalu,” katanya.

Srihastuti mengatakan, untuk tahun ini, pemerintah telah menetapkan capaian nilai rata-rata 55. Terkait hal itu, SMAN 1 Cianjur optimis seluruh siswa peserta UNBK di sekolah tersebut akan mendapat nilai di atas rata-rata.
“Meskipun tahun sebelumnya di SMAN 1 Cianjur ada yang nilainya kurang dari 55 terutama untuk pelajaran matematika, untuk tahun ini saya yakin mereka akan mendapat nilai di atas rata-rata. Apalagi mereka sudah dibekali bimbingan sebelum menghadapi UNBK,” katanya.

Menurutnya, siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, dalam artian mereka sudah mendapatkan nilai cukup, sementara siswa yang mendapat nilai kuarang dari KKM akan mendapat nilai kurang. “Tentu target kita siswa mendapat nilai diatas KKM, jika pemerintah menetapkan nilai rata-rata 55, siswa yang mendapat nilai 56 juga cukup,” pungkasnya.

(dil)