Konsen Terhadap Keadilan dan Kesejahteraan Masyarakat

Anggota DPR RI Komisi VIII, Diah Pitaloka

RADARCIANJUR.com – Anggota DPR RI Komisi VIII, Diah Pitaloka melihat masih pentingnya mengedepankan persoalan keadilan dan kesejahteraan sosial. Terutama sebagai implementasi sila kelima dari Pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Empat Pilar adalah pondasi bangsa yang harus diperjuangkan bersama,” ujarnya usai melaksanakan sosialisasi empat pilar di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Sabtu (30/3) sore.

Menurut Legislator Fraksi PDI Perjuangan ini, dengan mengedepankan nilai-nilai dari Pancasila, seperti dalam bidang politik misalnya, masyarakat mampu melaksanakan pemilu yang damai dan berkeadilan sesuai peraturan perundang-undangan.

“Berdialog langsung dengan masyarakat merupakan bagian terpenting sebagai pintu masuk mengimplementasikan Empat Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutur Caleg DPR RI Dapil Kota Bogor-Kabupaten Cianjur dari PDI Perjuangan nomor urut 01 ini.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat III ini menambahkan, implementasi dari Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta Bhinneka Tunggal Ika juga menjadi poin penting untuk menjaga keutuhan dan memperekat semua rakyat dari berbagai suku, agama, ras maupun golongan.

“Menjaga persatuan melalui Empat Pilar tersebut begitu penting. Apalagi dalam momentum menjelang pemilu 2019. Dimana akan banyak pihak yang berusaha memecah belah, tapi jika empat pilar itu dipegang, maka persatuan akan terjaga dan saya yakin dijaga terus oleh semua elemen masyarakat,” tutur Diah.

Menurutnya, dengan adanya sosialisasi empat pilar tersebut, masyarakat mempunyai ruang dalam mendiskusikan berbagai persoalan kebangsaan. “Kadangkala adanya sosialisasi seperti ini, masyarakat jadi lebih tahu dan antusias bertanya, guna memperdalam wawasan kebangsaan. Mereka merefleksikannya dengan pertanyaan mengenai kehidupan mereka sehari-hari,” tandasnya.

(dan)