Simulasi Surat Suara DPRD Provinsi Jawa Barat di Cianjur, Incumbent Masih Perkasa

Radar Cianjur 4 April 2019

RADARCIANJUR.com – Radar Cianjur kembali melakukan simulasi pemilihan umum (pemilu) 2019. Simulasi yang digelar pada Jumat (22/3) lalu itu dilakukan di lima daerah pemilihan (dapil) yang ada di Kabupaten Cianjur. Specimen kertas suara yang disajikan untuk masyarakat Cianjur yaitu surat suara untuk DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar), DPR RI dan pemilihan presiden (pilpres).

Banyaknya specimen kertas suara mencapai 2.334 lembar. Simulasi digelar di sejumlah titik keramaian seperti lapangan, pasar tradisional hingga perumahan atau pemukiman penduduk.

Dari hasil simulasi DPRD Provinsi Jabar, terdapat 1.898 suara sah dengan sisa 436 surat suara yang tidak sah. Nama caleg DPRD Provinsi Jabar nomor urut 1 dari Partai Golkar, Ade Barkah cukup menyita perhatian. Caleg yang kini duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Jabar ini meraup banyak suara dan menempatkan dirinya bertengger di puncak rangking simulasi Radar Cianjur.

Pria yang akrab disapa Abe ini sukses mengumpulkan 8,01% dari total akumulasi simulasi. Suara terbanyak berhasil diraup Abe di dapil III dan V. Perolehan suara Ade Barkah terbilang terlalu tangguh. Melihat klasemen peringkat dua, ada nama Tandiontong dari partai politik (parpol) PDIP nomor urut 1.

Posisi Tandiontong bersanding dengan caleg DPRD Provinsi Jabar dari parpol PPP nomor urut 1 bernama Chumaedi. Baik Tandiontong maupun Chumaedi menempati posisi kedua dengan perolehan suara mencapai 1,67% dari total specimen surat suara simulasi Radar Cianjur.

Lanjut ke posisi ketiga, ada nama Sadar Muslihat dari parpol PKS nomor urut 1. Sadar mengumpulkan 1,59% total suara. Disusul posisi keempat ada caleg PAN nomor urut 1, Achmad Qayyimel Alofi yang berhasil menculik perolehan persentase 1,16%. Sebagai penutup di rangking lima besar, caleg dari parpol Gerindra nomor urut 6, Gatot Subroto berhasil menyusup perolehan suara dan memberi kejutan dengan angka 1,11%.

Apabila kembali dilihat ke atas, lumbung perolehan suara yang dikumpulkan Ade Barkah masih sangat jauh dibandingkan dengan yang lainnya. Bahkan, saat dihitung, suara Ade Barkah masih mengungguli akumulasi perolehan suara dari delapan caleg di bawahnya. Persentase 8,01% itu berhasil menutupi perolehan suara para caleg lainnya simulasi Radar Cianjur hingga di rangking 8.

Di mata masyarakat, nama Kang Haji Ade Barkah ini sangat mudah didengar dan dikenal. Ketika Radar Cianjur memberikan specimen surat suara, indra penglihatan masyarakat langsung tertuju pada namanya. Meski menjadi juara di jajaran bursa caleg, namun kendaraan parpol yang digunakan Abe, Golkar terjebak di posisi tiga. Masih terpaksa kalah dari dua parpol lainnya yaitu Gerindra dan PDI Perjuangan. (yaz)

Rangking 15 Besar DPRD Provinsi Jabar*
1 Drs.H.ADE BARKAH SURAHMAN,MSI. Golkar 8,01%
2 DR.M.TANDIONTONG,SE.MM.AK PDIP 1,67%
H.CHUMAEDI,S.H. PPP
3 H.SADAR MUSLIHAT,S.H. PKS 1,59%
4 ACHMAD QAYYIMEL ALOFI PAN 1,16%
5 H. GATOT SUBROTO, S.H,.M.H. Gerindra 1,11%
6 MIRZA AGAM GUMAY Gerindra 0,86%
7 RAHAYU PSI 0,77%
8 HJ.LILIS BOY Demokrat 0,64%
9 H. MASHURY, MBA. Gerindra 0,60%
10 DR.dr.Hj.YENI NURAENI,SH.MH.M.M.R.S. Nasdem 0,56%
ABDUL HOLIK,S.Th.I,M.A. Demokrat
11 N.WIKEU RAHMAWATI, S.H. Gerindra 0,47%
H.ONNIE SOERONO SANDI,S.E. Nasdem
12 YADI MULYADI,S.H.,M.H. Demokrat 0,43%
13 CECEP BULDAN PDIP 0,34%
H.R.K. DADAN S.N.,S.P. PKS
14 AHMAD RIZA SURYAKUSUMAH PKB 0,30%
LESMANA ADITHIA,S.E. Golkar
DJEDJEN DJAELANI,S.H.I PKS
IVAN MAULANA Perindo
Hj.n.RINA MARDIAH,S.H.,M.H. PPP
15 HADI SUTRISNO,S.E. Demokrat 0,26%
*Berdasarkan Hasil Simulasi Radar Cianjur