Masih Gerindra vs PDI Perjuangan

RADARCIANJUR.com – Perolehan surat suara Kota Bogor dan Kabuapten Cianjur rampung. Berdasarkan dominasi 20 besar pundi suara, dua partai besar Pemilu 2019 masing-masing yaitu Gerindra dan PDI Perjuangan masih menunjukan rivalitas yang tinggi.

Dari deretan 20 nama calon legislatif (caleg) daerah pemilihan (dapil) III Jawa Barat (Jabar), keduanya berhasil menempatkan empat orang perwakilannya di bursa peringkat.

Partai Gerindra berhasil menempatkan empat calegnya masing-masing Ahmad Riza Patria, Endang Setyawati Thohari, Sjukrianto Yulia dan Irwan Ardi Hasman.

Menyeimbangkan pertarungan pemilihan umum (pemilu) 2019, PDI Perjuangan juga mengutus empat wakil terkuatnya. Keempatnya adalah Diah Pitaloka, Budiyono, Maruarar Sirait dan Antoni Wijaya.

Partai politik (parpol) Golkar dan PKS nampak ketat bersaing di papan berikutnya. Dari 20 kursi teratas gabungan data simulasi dari Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, keduanya sama-sama mencuri tiga kursi. Golkar sukses mengirimkan tiga wakil andalannya yaitu Budhy Setiawan, Eka Sastra dan Deding Ishak.

Tiga wakil PKS dalam perhelatan menuju Senayan yaitu Ecky Awal Mucharam, Iim Nurochimah dan Najamudin. PAN ternyata masih bergeliat. Di balik ikatan aturan parliamentary threshold, partai berlambang matahari putih ini berhasil menyisipkan dua wakilnya. Ada nama Eddy Soeparno dan Deky Purnama yang mewarnai jejeran klasemen dapil III Jabar.

Empat partai lainnya justru terlihat lebih kompak. Keempatnya masih mampu menduduki masing-masing satu wakilnya di urutan rangking. Demokrat, PKB, Nasdem dan PPP punya wakilnya masing-masing.

Demokrat masih memiliki Sjarifuddin Hasan. PKB masih dengan Neng Eem Marhamah Zulfa. Sedangkan Nasdem mampu menempatkan Tjetjep Muchtar Soleh dan PPP dengan nama Sigit Hariyanto.

(yaz)