Tips Perawatan Sepeda Motor Agar Selalu Tetap Prima dan Awet

RADARCIANJUR.com – Saat ini sepeda motor merupakan alat transportasi yang sangat digemari oleh masyarakat dalam melaksanakan berbagai aktifitasnya. Terbukti disepanjang tahun 2018, Main Dealer sepeda motor Honda di Wilayah Jawa Barat PT Daya Adicipta Motora (DAM) telah menjual 886.179 unit sepeda motor Honda dengan menguasai 82,0 % market share di Jawa Barat. Umumnya sepeda motor digunakan untuk bekerja, sekolah, kuliah atau bahkan hanya untuk sekedar berjalan-jalan santai bersama orang yang dicintai.

Nah, tentunya kita tidak ingin aktifitas yang kita lakukan ini terganggu ketika sepeda motor yang kita gunakan mengalami kendala. Untuk itu sepeda motor haruslah dalam kondisi selalu prima dan terjaga. DAM berbagi tips agar sepeda motor yang kita miliki ini selalu dalam kondisi yang prima.

Oli Mesin
Cek kondisi oli mesin atau pelumas setiap pagi sebelum berpergian. Peran oli mesin sangatlah penting untuk menjaga komponen didalam mesin tidak mengalami gesekan berlebih sehingga usia dari komponen didalamnya lebi awet. “Untuk itu lakukanlah penggantian oli mesin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” ujar Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training DAM.

Baterai
Untuk sepeda motor saat ini dimana sudah mangadopsi sistem injeksi, fungsi baterai sangatlah penting untuk mengontrol berbagai komponen kelistrikan mulai dari control bahan bakar, pengapian dan lainnya. “Disarankan untuk tidak menggunakan variasi/aksesoris yang berlebih yang dapat menganggu fungsi kerja utama dari baterai itu sendiri,” kata Ade.

Ban
Tidak kalah pentingnya adalah tekanan angin ban. Tekanan yang terlalu rendah akan menyebabkan kerusakan pada ban dan menyebabkan pengendalian terasa berat, tetapi jika terlalu tinggi akan menyebabkan komponen kemudi cepat mengalami kerusakan dan menyebabkan pengendaraan terasa sangat tidak nyaman karena ban terasa sangat keras.

Service Rutin
Lakukan service rutin sesuai jadwal perawatan berkala untuk memastikan semua komponennya bekerja dengan optimal. Bagi pengguna sepeda motor Honda, lakukan perawatan di bengkel resmi Honda atau AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) yang telah didukung oleh mekanik yang handal dan tentunya profesional.

Spareparts
Ganti komponen sepeda motor sesuai jadwal servis yang ada seperti saringan udara, busi, oli, komponen pemindah tenaga seperti rantai roda atau drive belt pada motor skutik dan komponen lainnya. “Dengan kita menjaga komponen sepeda motor tetap dalam kondisi optimal, maka kondisi kendaraan dapat dipastikan dalam kondisi prima,” ujar Ade. Lakukanlah konsultasi dengan AHASS mengenai komponen apa saja yang harus dilakukan penggantian pada sepeda motor.

(sal/*)