Satpol PP Bongkar Kios Miras di Jalan Julius Usman

RADARCIANJUR.com – Satpol PP Kabupaten Cianjur membongkar paksa kios-kios jamu di Jalan Julius Usman, Jumat (5/6). Pembokaran itu dilakukan karena sebelumnya Satpol PP sudah memberikan peringatan namun para pedagang jamu itu tetap membandel berjualan di atas bantaran sungai.

Puluhan petugas gabungan yang dikoordinir Satpol PP Cianjur terlibat dalam pembokaran bangunan permanen yang digunakan untuk jualan kios-kios itu. Sekitar dua jam lamanya kios tersebut dapat diratakan dengan tanah.

Tak terlihat protes dari pemilik kios. Mereka dengan pasrah mengeluarkan barang-barang di dalam kios untuk dipindahkan ke tempat lain.

Kabid Penegakan Perundang-udangan Daerah, Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat Satpol PP Cianjur, Robi Erlangga mengatakan, eksekusi ini dilakukan sebagai tindakan tegas atas peringatan yang telah dilakukan Satpol PP.

Menurutnya sebelum dilakukan tindakan pembongkaran petugas telah memperingatkan pada pemilik kios agar membongkar kiosnya. Namun peringatan yang diberikan oleh petugas Satpol PP tak digubris.

“Sebelumnya kita sudah memberikan peringatan terlebih dahulu sebelum melakukan eksekusi. Namun tampaknya mereka masih memilih berjualan di atas bataran sungai,” katanya.

Ia memgatakan, selain berdiri di dareah terlarang, Satpol PP juga mendapat aduan dari masyarakat bahwa kios-kios tersebut sering digunakan para pemuda berkumpul dan dianggap meresahkan masyarakat.

“Berdasarkan laporan dari masyarakat sekitar satu bulan yang lalu kios tersebut digunakan untuk menjual minuman keras,” katanya.

(dil)