Dana Desa Bikin Mulus Jalan di Desa Karyabakti

Pembangunan jalan desa penghubung Kampung Cibandeng, Batu Kunti dan Cisedong di Desa Karyabakti.

RADARCIANJUR.com – Adanya program Dana Desa, dirasakan sekali manfaatnya oleh Desa Karyabakti, Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan. Pasalnya, dengan dana dari pemerintah pusat itu, sejumlah infrastruktur yang selama tak dimiliki, kini bisa dinikmati warga.

Salah satunya pembangunan jalan desa penghubung Kampung Cibandeng, Batu Kunti dan Cisedong di desa tersebut yang kini mulus usai dibeton dengan menggunakan dana desa. Jalan yang dulunya becek dan sulit dilalui kendaraan bermotor itupun kini sudah mulus bak mimpi nyata bagi 4500 warga Desa Karyabakti.

Sedangkan pengerjaan jalan sepanjang 600 meter itu dilakukan oleh Tim Pelaksana Kerja ( TPK) bersama Warga Desa Karyabakti dengan anggaran dana desa tahap satu tahun 2019 sebesar Rp331.040.000.

kepala desa Karyabakti, Sunadi (39) mengakui, jalan mulus tersebut sudah diidamkan warga sejak lama. Namun lantaran terbatasnya anggaran yang dimiliki, impian itu belum juga terwujud. Baru tahun ini terealisasi dengan menggunakan dana desa.

“Pembangunan terus kita genjot mulai dari pelosok desa seperti Tipar, Cibandeng, Batu Kunti, Cisedong, Cibungur dan Tugu. Semua jalan desa yang terus menyambung ke beberapa kampung seperti Cibandengn dan Cigadog. Selain pembangunan jalan, kami juga membangun jembatan jalan penghubung Kampung Tipar, Cibandeng dan Tugu serta Cibungur,” jelasnya.

Sunadi menyambungkan, keinginan utama pihaknya adala ingin menata Desa Karyabakti menjadi desa/kota seperti desa yang ada di kota-kota. Karena itu, pihaknya bertekad, pembangunan dengan menggunakan dana desa harus bisa membawa dampak positif kepada warga.

“Dari total panjang jalan desa yang mencapai 3,5 km, yang sudah cor beton sekitar 2,9 km. Itu dari Dana Desa tahun 2018 dan 2019,” bebernya.

Selain pembangunan infrastruktur, pihaknya juga melibatkan warga guna menciptakan lapangan kerja. “Dengan dana desa, bisa membangun infrastruktur sekaligus membuka lapangan kerja untuk warga kami,” tuturnya.

Pembangunan infrastruktur jalan itu diakui warga sangat melegakan. Apalagi selama ini, daerah Cianjur selatan seperti dianaktirikan dan pembangunannya tertinggal dari wilayah kota dan utara,.

“Sangat bermanfaat sekali dan membantu bagi warga dengan adanya Dana Desa. Sebab di kampung kami hampir semua jalan yang dulunya berlumpur dan terjal kini sudah mulus,” ucap Gagan, salah seorang warga.

Warga berharap, agar pembangunan infrastruktur lainnya bisa terus mengikuti. Dengan begitu, perlahan namun pasti, kawasan pedesaan pun bisa ikut terangkat. Baik secara ekonomi maupun kesejahteraan.

“Biar desa kami enggak ketinggalan dengan yang lainnya. Harapan kami, semoga Dana Desa terus selalu ada untuk pembangunan wilayah pelosok seperti desa kami,” tutupnya.

(jay)