Amankan Pemilu 2019, 675 Personil Kodim Cianjur Bantu Kekuatan Polres

RADARCIANJUR.com – Turut serta mengamankan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) 2019, jajaran TNI dari Kodim 0608/Cianjur menyatakan kesiapannya memberikan pengamanan di pesta demokrasi tahun ini. Kodim 0608/Cianjur siap membantu aparat kepolisian dalam menciptakan keamanan dan ketertiban yang kondusif.

Dandim 0608/Cianjur, Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani memgatakan, untuk membantu pengamanan pileg dan pilpres, pihaknya siap mengerahkan personil pengamanan mulai dari Cianjur Kota, Utara hingga Cianjur selatan. Sementara untuk pasukan cadangan Kodim 0608 mendapat BKO dari Yonif 310 Sukabumi. “Untuk pasukan cadangan dari Yonif 310 Sukabumi ada 75 orang akan berjaga di Makodim dan jika diperlukan oleh Kapolres siap untuk digerakan,” katanya (9/4).

Menurutnya anggota Kodim 0608 akan disiapkan di TPS-TPS yang rawan bencana dan selalu koordinasi dengam BPBD. “Tadi juga sudah koordinasi dengan Plt Bupati agar menyiapkan alat-alat berat di TPS rawan bencana,” ujarnya.

Rendra mengatakan, secara keseluruhan Kodim 0608 Cianjur menyiapkan 675 personil yang siap mengamakan pileg-pilpres terutama di delapan titik yang dianggap rawan bencana. “Mudah-mudahan saat Pemilu cuaca bagus sehingga bisi meminimalisir terjadinya hal yang tak diinginkan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bersama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta organisasi kemasyarakatan (ormas) melakukan gelar pasukan secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka menghadapi pemilu 2019. Untuk Kabupaten Cianjur dilakukan di Lapangan Prawatasari Joglo Cianjur, Jumat (22/3) lalu.

Pada apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah. Hal tersebut dilakukan untuk melihat kesiapan dari TNI-Polri hinga organisasi masyarakat yang turut serta dalam pengamanan. “Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk melihat kesiapan dari TNI-Polri hingga organisasi kemasyarakatan yang turut serta dalam melakukan pengamanan Pemilu pada 17 April mendatang,” ujar Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah.

Anggota Polisi yang disiagakan berjumlah 878 personil yang tersebar di 6.874 TPS, anggota TNI sebanyak 600 personil dan anggota Linmas berjumlah 13.500 personil. Dalam apel gelar pasukan ini tidak hanya dilaksanakan di tingkat kabupaten, namun nantinya akan dilanjutkan ke tiap kecamatan yang digelar, Sabtu (hari ini,red).

Lanjutnya, di Kabupaten Cianjur sendiri masih tergolong rawan pada setiap TPS, sehingga pihaknya menggunakan strategi pengamanan dua personil untuk 15 TPS dan 35 Linmas. “Kita juga meminta bantuan kepada masyarakat untuk turut bersama-sama menjaga keamanan dan lingkungan pada Pemilu ini,” tambahnya.

Dirinya pun mengingatkan kepada para peserta Pemilu dan tim sukses untuk turut meluruskan adanya berita-berita hoax, bukan menyebarkan berita-berita hoax yang menyebabkan masyarakat menjadi resah.

(dil/kim)