Siapa Mas Sigit?

RADARCIANJUR.com – Makin lama dan sering saya bertemu masyarakat. Saya semakin tahu, semakin paham. Banyak yang mereka tanyakan. Saya kadang bisa jadi apa saja. Mendadak jadi konsultan berbagai persoalan, jadi pakar pendidikan, bahkan jadi pakar perjodohan.

Pertanyaan masyarakat itu tak bisa ditebak dan diprediksi. Ada yang membingungkan, filosofis bahkan ada yang membuat saya tersenyum. Memang pertanyaan mereka itu berdasarkan tingkat pemahaman dan pendidikan masing-masing warga.

Tapi, umumnya pertanyaan itu adalah pertanyaan mendasar kebutuhan hidup, kesehatan, pendidikan, dan lapangan pekerjaan. Tapi ada juga yang membutuhkan ‘energi’ untuk menjawabnya.

Saya datang dan maju sebagai calon legiislatif bukan asal-asalan. Tapi, juga memperjuangkan gagasan saya untuk Kabupaten Cianjur. Itu pula yang sampaikan saat seorang pemuda bertanya serius kepada saya.

“Apa yang akan bapak perjuangkan untuk Kabupaten Cianjur. Jika kami memilih Bapak? Apa sih visi dan misi bapak untuk Cianjur,” tanya pemuda itu.

Pertanyaan itu sederhana. Saya sebenarnya bisa saja menjawab secara retoris. Tapi, itu adalah pertanyaan yang cukup serius bagi saya. Karena dari situlah semua bermula.

Gagasan saya adalah MasSigit: Masyarakat Sejahtera, Agamis, Genius, Informatif dan Terampil. Itu lah visi dan misi saya untuk Kabupaten Cianjur. Itulah gagasan saya. Mengapa saya maju menjadi Calon Legislatif.

Bagaimana caranya?

Saya berkomitmen untuk membangun dan mempersiapkan generasi digital dan komputerisasi. Pengalaman saya sebagai profesional di bidang Teknologi Informasi membimbing dan mengajarkan saya. Teknologi adalah kunci. Apalagi di era ini. Era 4.0 yang serba digital dan komputerisasi.

Saya punya keyakinan, teknologi adalah kunci membawa masyarakat lebih sejahtera, lebih agamis, lebih genius, lebih informatif, dan lebih terampil.

Saya akan ajarkan bagaimana berteknologi dengan baik. Teknologi memang seperti dua bilah mata pisau. Jadi positif, bisa juga jadi negatif. Tinggal bagaimana menggunakannya.

Dan saya akan ajarkan bagaimana mambangun teknologi yang bisa membawa kesejahteraan dan bertanggungjawab.

Islami tentu saja merupakan jati diri. Harus terus dipupuk dan disiram. Banyak mengaji dan bersyukur. Itu sebab, saya sering bulak-balik masuk pesantren, bertemu para kiyai, santri dan para jemaahnya. Untuk meneguhkan hati, dan istiqomah. Menjadi Islami yang sesungguhnya.

Genius: Itu adalah kemampuan berpikir dan mencipta. Kemampuan itu bisa didorong. Dengan teknologi, setiap orang kini bisa menjadi pencipta. Tujuan akhirnya, tentu lebih sejahtera. Paling tidak warga Kabupaten Cianjur harus bisa menduplikasi yang baik.

Hari-hari ini ada ratusan. Mungkin lebih, virus bisnis star up. Ada Gojek, traveloka dan banyak lagi yang lainnya. Bagaimana teknologi menjadi pasar, etalase bisnis bukan saja dalam negeri tapi dunia.

Jadi saya berkeyakinan, dengan teknologi yang genius, akan mampu menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera dan mandiri.

Informatif dan Terampil. Yang ini tak kalah penting. Agar terhindar dari kabar-kabar hoak, yang menyesatkan. Warga Cianjur, harus melek informasi. Mampu memilah kabar burung dan kabar fakta. Warga Cianjur harus punya kepekaan sebagai pembawa kabar baik.

Dan juga terampil. Agar mampu mandiri, mampu melihat peluang dan mewujudkan kesejahteraan bersama.

Saya berkeyakinan MasSigit, adalah solusi dan cara menghadapi perkembangan zaman, mengarungi era 4.0 serta menyiapkan masyarakat madani yang siap menyongsong era 5.0

(*)