Alhamdulillah! Naik Kereta Cianjur-Sukabumi Gratis

FOTO: UMAR SARIPUDIN/RADARCIANJUR

RADARCIANJUR.com-Memperingati hari ulang tahun ke-21 Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Kereta Api Indonesia (persero) memberlakukan tiket dengan tarif Rp0, alias gratis untuk KA lokal/Komuter PSO (subsidi) dan Perintis.

Selain itu, hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat pada moda transportasi massal tersebut.

Di Cianjur dan Sukabumi, warga pun bisa menikmati momen tersebut. Yakni pada Sabtu, 13 April 2019 mendatang. Tiket KA Siliwangi rute Cianjur-Sukabumi digratiskan di hari yang sama.

Menyambut momentum HUT ke-21 Kementerian BUMN, promo Rp0,- tersebut juga merupakan kontribusi KAI dalam mewujudkan ‘BUMN Hadir untuk Negeri’.

“Diharapkan, semoga masyarakat dapat memanfaatkan promo ini semaksimal mungkin,” kata Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro (11/4).

Sementara, Manager Humas PT Kereta Api Indonesai (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Joni Martinus mengatakan, khusus di Daop 2, ada empat KA Lokal PSO yang akan menerapkan tarif Rp0,-.

Di antaranya, KA Cibatuan, KA Bandung Raya Ekonomi, KA Cilamaya/Cepat Purwakarta, dan KA Siliwangi relasi Cianjur-Sukabumi (PP).

Masyarakat bisa mendapatkan tiket kereta tersebut secara cuma-cuma di loket stasiun keberangkatan secara go-show. Setiap calon penumpang dapat membeli maksimal satu satu tiket. Kecuali membawa anak usia di bawah sepuluh tahun dan lansia.

Untuk KA Siliwangi, Joni menyembutkan dalam sehari bisa mengangkut ratusan penumpang.

“Sekitar 900 penumpang,” paparnya.

Menurutnya, kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api.

“Bagi penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, mereka bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal 3 (tiga) hari sejak kedatangan KA,” katanya.

(dil)