Disdukcapil Cianjur Kejar Target Perekaman e-KTP

PEREKAMAN: Petugas Disdukcapil sedang melakukan perekaman e-KTP di SMAN 1 Cianjur.Foto: Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Demi mensukseskan Pemiliham Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019, Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur mengebut proses perekaman e-KTP.

Bahkan pihaknya juga sudah melakukan percepatan perekaman dan pencetakan administrasi kependudukan (adminduk) saat hari libur.

Plt Kadisdukcapil, Muchsin Sidiq El-Fatah menjelaskan, semula Disdukcapil mencatat warga yang sudah melakukan proses perekaman sebanyak 90 ribuan. Namun saat ini jumlahnya sudah jauh berkurang.

”Karena kita saat ini menggunakan metode jemput bola, jadi yang sebelumnya sebanyak 90 ribuan, kini tinggal sebanyak 1.900 data dan tinggal melakukan proses percetakan,” ujarnya.
Untuk makin mempercepat, proses perekaman bagi warga yang belum miliki e-KTP itu dilakukan tidak hanya pada saat hari kerja, akan tetapi dilakukan saat hari libur.

”Hal tersebut dilakukan berdasarkan perintah melalui langsung SK dari Dirjen Kemendari-RI, harus melakukan layanan pada hari libur,” paparnya.

Lanjutnya, data Print Ready Record (PRR) tersebut terus bertambah dalam setiap harinya. Tetapi pihaknya mendahulukan proses percetakan untuk data yang sudah terlebih dulu melakukan perekaman.

”Dalam setiap harinya kami dapat melakukan perekaman bagi siswa sebanyak 400 hingg 500 orang, lantaran kita setiap harinya melakukan perekaman ke setiap sekolah yang ada di Cianjur,” jelasnya.

Metode jemput bola itu tidak hanya dilakukan ke setiap sekolah, tetapi dilakukan ke daerah yang terkendala dengan jaringan.

”Dari data yang tinggal 1.900 tersebut kami optimis dapat melakukan percetakan sebelum 17 April. Bahkan berdasarkan keputusan MK warga yang sudah melakukan perekaman bisa menggukan suket untuk melakukan pemilihan,” tutupnya.

(kim)