KPUD Cianjur Rangsang Milenial

SOSIALISASI PEMILU: Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Cianjur mengadakan hiburan musik hingga beragam perlombaan untuk masyarakat Kabupaten Cianjur serta melakukan sosialisasi mengenai pemilu 2019. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com -Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Cianjur kembali menggelar sosialisasi menjelang pemilu 2019 yang tinggal menghitung hari. Hal tersebut dilakukan untuk menarik minat masyarakat memberikan hak politiknya pada 17 April 2019 mendatang.

Sosialisasi pun digelar dua hari berturut-turut pada Sabtu (13/4) dan Minggu (14/4) kemarin di Alun-alun Cianjur. Tak hanya itu, sosialisasi ini juga dikemas sedemikian rupa menyasar para pemilih pemula berupa berbagai perlombaan sampai panggung hiburan musik.

Sementara, untuk makin memberikan penjelasan yang lebih mudah, KPU juga menyediakan tenda simulasi bagi masyarakat yang ingin melakukan simulasi pencoblosan di bilik suara.

Ketua KPUD Cianjur, Hilman Wahyudi didampingi Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Masyarakat KPUD Cianjur, Rustiman, mengatakan, kagiatan tersebut merupakan kegiatan puncak sosialisasi secara formal.

“Ini kita sengaja mengadakan kegiatan konser yang sebelumnya kita adakan kegiatan perlombaan untuk menarik perhatian masyarakat sehingga dapat mengetahui informasi terkait kepemiliuan dan tak hanya menikmati konser musik saja,” ujar Hilman.

Pada acara tersebut, disisipkan pula sosialisasi dan penjelasan mengenai jenis surat suara yang akan digunakan nanti pada pemilu dan cara memilih. Selain itu, menjadi bidikan utama pada acara tersebut yakni pemilih pemula yang baru mengikuti pencoblosan.

“Memang termasuk pemilih pemula yang kita bidik, namun kegiatan ini tidak hanya pemilih pemula saja dan memang untuk umum,” tambahnya.

Sekitar 500 orang yang hadir pada acara tersebut seakan tak merasakan derasnya hujan yang mengguyur Kabupaten Cianjur pada Sabtu sore (13/4), tetap mengikuti acara yang berlangsung kendati sempat terhenti sejenak.

Tak hanya masyarakat saja yang mengikuti berlangsungnya acara, turut dihadiri pula Sekda Kabupaten Cianjur, Aban Sobandi, Wakapolres Cianjur, Kompol Yanna Nurhandiana dan Kepala Staf Kodim 0608, Mayor (inf) Suntoro.

Pihaknya pun berharap, dengan terlaksananya acara tersebut, masyarakat bisa menyerap semua informasi yang diberikan pada sosialisasi. Sehingga pada saat pelaksanaan pemilu tidak menemui kendala.

(kim)