Distribusi Logistik Terkendala Cuaca

Distribusi Logistik

RADARCIANJUR.com – Satu hari jelang pencoblosan logistik, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Cianjur bekerja ekstra, pasalnya waktu pemilu 2019 akan digelar, Rabu (17/4) seluruh logistik pemilu sudah harus siap di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kegiatan pendistribusian kotak suara beserta perlengkapan yang disimpan di Gedung Serbaguna Bale Rancage sudah hampir terpenuhi untuk daerah pemilihan (Dapil) satu ke empat kecamatan, Kemarin (15/4). Pantauan di lapangan, saat ini pendistribusian dilakukan untuk desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Cianjur.

Ketua KPUD Cianjur, Hilman Wahyudi menuturkan, pendistribusian saat ini dilaksanakan untuk dapil satu per satu kecamatan sebanyak 150 kotak suara.

“Hari ini (kemarin,red) kita lakukan pendistribusian kotak suara beserta perlengkapannya untuk dapil satu yang melingkupi empat kecamatan, per kecamatan rata-rata 150 kotak suara,” ujarnya.

Pada pelaksanaannya sendiri, pihaknya menemui kendala mengenai cuaca di Kabupaten Cianjur yang saat ini sering turun hujan besar.

Selain cuaca, surat suara pengganti yang rusak dan kurang pun baru tiba kemarin malam sebanyak 35.491 dan langsung dilakuan sortir dan lipat (sorlip). “Dapil satu kita masih menunggu kekurangan surat suara yang baru datang dan saat ini sedang berlangsung sortir serta lipat, kita juga berlomba dengan waktu karena cuaca yang kurang mendukung. Makanya kita kebut juga, kendala juga itu,” paparnya.

Pendistribusian surat suara diprioritaskan untuk wilayah terjauh terlebih dahulu, seperti dapil tiga, dapil empat dan dapil lima. Hal tersebut dilakukan agar kotak surat suara beserta perlengkapannya bisa tiba sebelum hari pemilihan.

Selain itu, teknis pengiriman sendiri diharuskan menggunakan kendaraan boks yang tertutup agar tidak sampai merusak perlengkapan dalam pemilu 2019. Jika menggunakan truk terbuka, penutup yang digunakan pun diperiksa terlebih dahulu agar tidak ada yang bocor ketika dalam perjalanan hujan.

“Yang pasti, ketika pengiriman itu teknisnya diharuskan kendaraan tertutup seperti boks, kalau menggunakan bak terbuka seperti truk harus dipastikan penutup seperti terpalnya tidak bocor agar perlengkapan surat suara tidak rusak karena air hujan,” terangnya.

Agar kelancaran dalam pengiriman, KPUD Cianjur pun turut bekerjasama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk memberikan informasi mengenai cuaca di Kabupaten Cianjur. Mekanisme pengiriman dimulai dari kabupaten, PPK, PPS dan terakhir ke TPS. Pihaknya pun terus berupaya untuk menyelesaikan semua pengiriman dan pendistribusian selesai malam ini.

“Malam ini kita pastikan sudah terdistribusi semua dan bisa sampai dengan selamat tanpa ada kendala,” ungkapnya.

(kim)