Plt Bupati Setuju Cianjur Pecah

RADARCIANJUR.com -Pemekaran wilayah Cianjur Selatan nampaknya kian mendekati kenyataan, setelah sekian lama menanti dan beragam upaya yang dilakukan akhirnya membuahkan hasil. Kajian hingga berbagai persyaratan yang harus dipenuhi daerah otonomi baru (DOB) pun sedang dilengkapi.

Di tahun 2019 ini sepertinya menjadi angin segar bagi masyarakat Cianjur Selatan. Pasalnya DOB yang selama ini hanya angan dan mimpi akan menjadi kenyataan.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman menuturkan, dirinya menyetujui dengan pemekaran suatu daerah sepanjang bisa meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan pembangunan Cianjur Selatan.

“DOB itu jika bisa meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan pembangunan Cianjur Selatan, saya yang pertama menyetujui dan itu bukan hanya ucapan saja karena saya sudah membuat usulan ke DPRD dalam rangka DOB dan itu sudah dilegalisasi,” ujarnya.

Dirinya pun sudah menandatangani surat keputusan tim teknis yang akan membentuk dan mengevaluasi berdirinya DOB Cianjur Selatan. Dalam aturannya, Pemeritah Kabupaten Cianjur sebagai pemerintah induk, tidak melepaskan Cisel selama tiga tahun untuk melakukan binaan.

“Sesuai aturan, Pemkab Cianjur sebagai pemerintah induk tidak akan melepaskan Cisel dan masih ada dalam binaan kabupaten induk,” paparnya.

Mengenai pendapatan asli daerah (PAD) yang berada di Cisel, Herman pun tidak mempermasalahkan. Yang terpenting adalah bisa mensejahterakan rakyat, sepanjang bisa sejahtera dan Cisel sudah layak.

Ia pun berharap, Cisel bisa lebih maju dari berbagai sektor baik ekonomi dan pembangunan. “Disana (Cisel, red) sudah layak. Mudah-mudahan dengan DOB ini bisa lebih maju,” harapnya.

Wilayah yang masuk dalam DOB meliputi 14 kecamatan dari mulai Sukanagara-Naringgul. Terdiri dari 10 kecamatan berada di Dapil V dan empat kecamatan di Dapil IV. Untuk Campaka dan Campaka Mulya yang sebelumnya tidak memberikan respon dalam rumusan DOB ini, baru-baru ini baru meminta untuk dimasukan ke wilayah DOB.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul (PMCK), Ceng Badri mengaku, koordinasi dengan tokoh di Campaka dan Campaka Mulya sebelumnya sudah dilakukan. Akan tetapi, tidak memberikan respon.

“Kita sudah koordinasi pada waktu itu dengan tokoh di Campaka dan Campaka Mulya, namun kurang respon. Nah, baru-baru ini menginginkan untuk menjadi wilayah DOB. Bukan tidak mungkin bisa menjadi salah satu pintu masuk ke Cisel nantinya,” jelasnya.

Langkah yang ditempuh selanjutnya, pihaknya akan melengkapi persyaratan administrasi dan kewilayahan yang saat ini belum lengkap. Persyaratan lengkap tersebut nantinya akan menjadi bahan untuk rapat paripurna.

“Semua sudah dilakukan, tinggal melengkapi persyaratan administrasi dan kewilayahan. Bahkan tim teknis eksekutif sudah dibentuk dan tentunya setelah masuk RPJMD, kita berharap segera diparipurnakan serta mengusulkan kepada pemerintah pusat melalui gubernur untuk dipermudah,” ungkapnya.

Pada bulan Juli 2019 nanti, rencananya akan dilakukan rapat paripurna tentang persetujuan DPRD dan Bupati Cianjur mengenai DOB Cianjur Selatan.

“InsyaAllah nanti pada bulan Juli akan diadakan rapat paripurna tentang persetujuan DPRD dan bupati mengenai DOB Cianjur Selatan,” tutupnya.

(kim)

Perjalanan DOB Cisel
– Plt Bupati Cianjur setuju pemekaran Cianjur Selatan
– DOB sudah diusulkan ke DPRD dan sudah dilegalisasi
– Pemkab Cianjur berlaku sebagai pemerintahan induk selama tiga tahun
– Total ada 16 kecamatan yang masuk ke dalam DOB Cisel
– Dilakukan pelengkapan persyaratan administrasi dan kewilayahan
– Sudah dibentuk tim teknis untuk dimasukkan ke dalam RPJMD
– Juli 2019 rencananya digelar rapat paripurna di DPRD Kabupaten Cianjur

16 Kecamatan yang masuk DOB Cisel
Wilayah Pembangunan Tengah:
1. Kecamatan Takokak
2. Kecamatan Sukanagara
3. Kecamatan Campaka
4. Kecamatan Campaka Mulya
5. Kecamatan Tanggeung
6. Kecamatan Pagelaran
7. Kecamatan Leles
8. Kecamatan Cijati
9. Kecamatan Kadupandak

Wilayah Pembangunan Selatan:
1. Kecamatan Cibinong
2. Kecamatan Agrabinta
3. Kecamatan Sindangbarang
4. Kecamatan Cidaun
5. Kecamatan Naringgul
6. Kecamatan Cikadu
7. Kecamatan Pasirkuda

*berbagai sumber