Pemkab Cianjur Tanggung Biaya Pengobatan KPPS

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Kabupaten Cianjur bakal menjamin biaya layanan kesehatan untuk petugas KPPS yang sakit. Bahkan, petugas kesehatan juga diinstruksikan untuk siaga di setiap lokasi penghitungan di tingkat kecamatan.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, pelaksanaan pemilu 2019 banyak menguras tenaga dan pikiran dari para petugas TPS, bahkan beberapa petugas meninggal dunia akibat kelelahan.

“Tentu hal tersebut tidak diharapkan terjadi lagi, petugas kelelahan sampai meninggal dunia. Makanya yang merasa sakit, silakan langsung berobat ke layanan kesehatan terdekat. Untuk pembiayaan Insya Allah akan ditanggung Pemkab,” ujarnya.

Tidak hanya berobat di tingkat puskesmas, Herman juga menyebutkan pembebasan biaya untuk para petugas juga berlaku di rumah sakit umum daerah.

“Sesuai tahapan, periksa dulu di puskesmas, kalau misalnya memang harus dirujuk silakan ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. Kami akan tanggung. Cukup dengan menunjukan surat keterangan jika dirinya petugas KPPS,” paparnya.

Lanjutnya, ia mengaku sudah menginstruksikan petugas kesehatan untuk bersiaga di setiap tempat pelaksanaan pleno di tingkat kecamatan. Hal tersebut dilakukan agar bisa segera memberikan penanganan medis pada petugas penghitungan dan peserta pleno yang kelelahan atau sakit.

“Tentunya itu juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya lagi korban meninggal dunia lantaran kelelahan,” paparnya.

Terkait adanya petugas KPPS yang meninggal dunia, ia menuturkan turut berduka cita dan berterima kasih kepada mereka yang telah menjalankan tugasnya secara maksimal.

“Terimakasih pada mereka yang sudah menjalankan tugas, para pejuang pemilu dan demokrasi. Semoga apa amalan baik diterima dan ditempatkan di sisi-Nya,” tutupnya.

(kim)