Stunting Cianjur Ranking 18 se-Jabar

EVALUASI: Pemkab Cianjur melalui Dinas Kesehatan melakukan rapat evaluasi mengenai penanganan stunting di 2018. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Penanganan stunting di Kabupaten Cianjur nampaknya mengalami perbaikan yang cukup signifikan. Pasalnya, peringkat Kabupaten Cianjur saat ini sudah menjajaki peringkat ke 18 dari sebelumnya ke 27 di Jawa Barat. Hal tersebut hasil dari pembinaan 10 desa dan delapan kecamatan pada tahun 2018.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman pada rapat evaluasi stunting pada 2018 di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Cianjur. Tentunya proses tersebut menjadi suatu prestasi bagi Kabupaten Cianjur yang begitu serius dalam menangani stunting.

“Jadi saat ini stunting saya evaluasi yang ditangani pada tahun 2018 kemarin yang dilakukan di 10 desa dan delapan kecamatan, alhamdulillah progresnya cukup menggembirakan. Dulu Cianjur berada di posisi 27 dan sekarang signifikan naik ke 18 se Jawa Barat,” ujarnya.

Tentunya stunting bukan hanya ada di 10 desa saja, masih ada di desa-desa lainnya yang nantinya akan menjadi target Pemkab Cianjur selanjutnya.

33 desa di 12 kecamatan yang masih ada stunting yang menjadi pekerjaan rumah untuk diselesaikan agar di tahun 2019 bisa lebih berhasil lagi dalam menangani stunting.

“Stunting itu bukan hanya di 10 desa tadi, tapi masih ada desa-desa lainnya dengan kasus stunting yang menjadi tugas kami selanjutnya pada 33 desa di 12 kecamatan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, Tresna Gumilar mengatakan, kasus gizi buruk di Kabupaten Cianjur terdapat 182 kasus. Sehingga pihaknya pun terus bekerja keras mencari kembali kasus gizi buruk agar tenangani.

“Kita saat ini akan merancang untuk menurukan persentase gizi buruk dari 33 persen menjadi 28 persen yang nantinya menjadi target di 2019,” ungkapnya.

Selain itu, kesadaran masyarakat terhadap stunting pun sudah lebih baik dari hasil penyuluhan ke setiap desa yang ada di Kabupaten Cianjur.

(kim)