Hari Ini Bupati Nonaktif Cianjur Irvan Rivano Muchtar Disidang

Irvan Resmi Pakai Rompi Orange

RADARCIANJUR.com – Setelah berbulan-bulan menjalani pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bupati Cianjur nonaktif Irvan Rivano Muchtar akhirnya dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Bandung hari ini. Irvan akan mulai diadili para hakim berkaitan dengan perkara dugaan pemerasan atau pemotongan penerimaan dana alokasi khusus (DAK) fisik bidang pendidikan SMP di Cianjur.

“Berdasarkan jadwal yang disampaikan pengadilan, persidangan akan dilakukan pada hari Senin, 29 April 2019 di Pengadilan Tipikor Bandung, dengan agenda pembacaan dakwaan,” ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Minggu (28/4/2019).

Selain Irvan ada 3 terdakwa lainnya yang diadili yaitu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cianjur, Cecep Sobandi. Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cianjur, Rosidin, dan Tubagus Cepy Septhiady, Kakak Iparnya.

Ya, kasus ini berawal dari operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Oktober 2018. Saat itu, KPK mengamankan uang Rp 1,5 miliar dari dalam mobil Kepala Dinas Pendidikan Cianjur Cecep Sobandi yang diparkir di halaman Masjid Agung Cianjur waktu Subuh.

KPK kemudian menetapkan empat orang tersangka dalam kasus ini, yaitu Irvan, Cecep, Rosidin dan Tubagus Cepy Sethiady. Dana itu diduga merupakan ‘upeti’ dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 46,8 miliar. Irvan diduga meminta bagian 7 persen atau sekitar Rp 3,2 miliar dari DAK tersebut.

(net/jp)