Judesa Sindangbarang jadi Percontohan Nasional

AKSES WARGA: Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman meresmikan jembatan simetris di Desa Muaracikadu Kecamatan Sindangbarang.

RADARCIANJUR.com -Pemerintah Kabupaten Cianjur menerima bantuan dari Kementerian PUPR berupa jembatan Asimetris untuk Pedesaan (Judesa) di Desa Muaracikadu, Kecamatan Sindangbarang. Yang cukup menakjubkan adalah, jembatan yang dibangun pemerintag pusat tersebut merupakan percontohan nasional.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, jembatan sepapanjang 122 meter tersebut diresmikan langsung oleh Pemkab Cianjur dan perwakilan dari Kementerian PUPR dan sudah bisa mulai digunakan warga.

“Ini merupakan program dari pusat, kebetulan Cianjur mengajukan supaya jembatan yang menjadi percontohan nasional ini dibangun di Cianjur,” ujarnya, kemarin.

Jembatan yang membentang di atas sungai Muara Cikadu serta menghubungkan Kampung Cijulang dan Kampung Bantaka, Desa Muaracikadu tersebut dibuat dengan metode baru, yakni menggunakan baja ringan. Kendati demikian, jembatan tersebut memiiki kualitas yang baik.

Dengan begitu, lanjutnya, daya tahan dari jembatan tersebut lebih baik dibandingkan dengan yang sebelumnya. Dari segi usia, pun jembatan tersebut lebih panjang.

“Dari ketahanan, kualitas, dan usia jembatan jauh lebih baik dibandingkan dengan yang sebelum-sebelumnya. Tapi hal itu juga ditunjang dengan pemeliharaan yang berkelanjutan,” paparnya.

Selain itu, Herman memastikan Judesa di Desa Muaracikadu itu sudah mulai bisa digunakan warga. Papan pemberitahuan juga dipasang sebagai informasi warga terkait maksimal beban hingga kecepatan dari kendaraan roda dua yang melintas.

“Bukan hanya untuk penyebrangan orang, tapi kendaraan roda dua pun bisa melintas, selama tidak melebihi btas maksimal beban. DIharapkan yang sudah ada ini bisa bermanfaat untuk warga di wilayah tersebut,” jelasnya.

Rencananya, Pemkab Cianjur dalam jangka kedepan akan membangun jembatan dengan kondisi serupa. Sehingga pembangunan bisa lebih tahan lama dan anggaran yang ada pun bisa untuk pembangunan jembatan di titik yang memang belum tersedia.

“Salah satunya nanti Pemkab Cianjur akan membangun jembatan gantung di Desa Cibanteng Kecamatan Sukaresmi, itu sebagai percontohan pembangunan dari anggaran daerah. Mengingat di sana belum ada jembatan, sementara warga membutuhkan akses untuk pendidikan, ekonomi, dan lainnya,” tutupnya.

(kim)