PPK Pacet Bantah Dugaan Satu Kotak Suara Hilang

RADARCIANJUR.com – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pacet membantah adanya dugaan kotak surat suara yang hilang di Kecamatan Pacet beberapa hari lalu. Bahkan hal ini juga sempat menjadi perbincangan pubik. Terlebih beberapa masyarakat luar pun mengetahui adanya dugaan itu.

Ketua PPK Pacet yang diwakili Divisi Program Data dan Informasi Hilman Selamat Riyadi menuturkan, dugaan adanya satu kotak suara yang diinformasikan hilang itu sebetulnya tidak benar. Kendati demikian, pihaknya juga masih menelusuri informasi yang sudah simpang siur di wilayah Cipanas tersebut.

“Sebetulnya kami (PPK) awalnya belum mengetahui persis akan informasi itu, hanya saja kami menegaskan bahwa berita itu tidak benar sama sekali alias hoaks,” tegasnya.

Ia menjelaskan, kronologis dari adanya informasi dugaan hilang kotak suara itu sebetulnya bukan tidak ada, apalagi sampai hilang, tetapi kotak suara TPS 27 Desa Cibodas itu hanya terselip dan masuk ke tumpukan Desa Sukanagalih.

“Jadi kotak suara Desa Cibodas itu masuk ke grup Desa Sukanagalih. Bukan gak ada kang,” jelasnya.

Pada saat plano Desa Cibodas, Jum’at (26/4) lalu, Hilman mengungkapkan, para petugas Pemilu di gudang logistik itu ingin mencari TPS 27, dan sempat dinyatakan tidak ada. Hanya saja pada waktu malamnya dicari dan ternyata ada di tumpukan Desa Sukanagalih.

“Karena ini bersebelahan dengan tumpukan kotak suara Sukanagalih, jadi mungkin diinformasikannya itu hilang. Padahal belum ketumpuk,” tambahnya.

Ia mengatakan, kotak suara yang diduga hilang itu adalah kotak suara DPR RI. Menurutnya, mulai dari Sabtu lalu sampai Selasa besok para petugas Pemilu di Kecamatan Pacet sudah menjalankan pekerjaan dengan maksimal. Ia pun berharap, atas kejadian ini, masyarakat di luar sana jangan sampai menyimpulkan terlebih dahulu dengan adanya informasi-informasi yang simpang siur.

“Kotak suara di Kecamatan Pacet ini Alhamdulillah semua komplit, tidak ada yang kurang satu apapun. Kami juga inginnya rapat pleno ini berjalan lancar. Artinya tidak ada lagi informasi di luar yang tidak benar atau hoaks,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Pacet, Yudi Darmawan membenarkan, memang tidak ada kotak suara yang hilang di PPK Pacet, bahkan dirinya lah yang menemukan kotak TPS 27 Desa Cibodas itu.

“Justru saya sendiri kang yang pertama menemukan kotak suara TPS 27 itu di belakang triplek DAA Plano,” jelasnya.

Menurutnya, hal ini juga waktu itu sudah dibereskan. Dan tidak ada kotak suara yang hilang, hanya keselip di tumpukan yang lain.

“Sudah clear kang, tidak ada yang hilang,” imbuhnya.

(dan)