Pleno KPUD Cianjur Bakal Pindah Tempat?

SEMOGA KONDUSIF: Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Cianjur menggelar Rapat Pleno terbuka penghitungan suara se-Kabupaten Cianjur. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Hari ketiga rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan perhitungan suara tingkat Kabupaten, Pemilu 2019 yang digelar KPU Cianjur, Jumat (3/5) terlihat masih alot.

Kemungkinan molor penghitungan suara tingkat kabupaten tersebut berimbas pada pindahnya lokasi penghitungan.

Hal itu jika mengacu pada jadwal rekapitulasi di Hotel Yasmin Cipanas yang semula dimulai pada tanggal 1 sampai 4 Mei 2019, Sabtu (hari ini,red) dipastikan tidak akan sesuai jadwal. Meski begitu KPU Cianjur berkilah tetap akan meneruskan pleno dan diharapkan segera bisa selesai.

BACA JUGA: Pleno Penghitungan Suara Pemilu 2019 di Cianjur Berakhir Ricuh, Cek Videonya di Sini

”Kami akan terus bereskan. Mudah-mudahan sebelum tanggal 7 nanti, pleno ini bisa rampung. Dan terkait tempatnya juga masih dalam wacana pindah, hingga selesai di Cipanas nanti,” kata Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Hilman Wahyudi kepada Radar Cianjur, kemarin.

Menurutnya, terkait dengan jadwal yang telah ditentukan waktu lalu, memang KPU Cianjur belum bisa sesuai dengan apa yang diharapkan dan ditargetkan dari jadwal awal. Hanya saja, tetap akan melaksanakannya dengan maksimal. ”Kami sudah bekerja maksimal,” tegasnya.

Berdasarkan pantauan, rapat pleno hari ketiga masih terlihat cukup sibuk dan serius. Beberapa peserta rapat juga cukup kelelahan, karena begitu menguras tenaga serta pikiran. Tidak sedikit juga yang melakukan komplain saat rapat berlangsung. Hilman menegaskan, hasil pleno ini memang cukup memakan waktu yang cukup lama. Pasalnya ada beberapa kendala seperti dalam administrasi pemilih di tingkat PPK yang kurang sesuai.

”Memang kendalanya itu salah satunya dari kurangnya ketelitian administrasi. Makanya pleno ini juga mungkin cukup lama,” ujarnya.

Adapun sejumlah kecamatan yang telah diselesaikan dalam rapat pleno diantaranya Dapil 5, seperti Kecamatan Agrabinta, Leles, Sindangbarang, Cibinong, Cikadu, Cijati, Kadupandak, Tanggeung, Naringgul, dan Kecamatan Cidaun. Lebih lanjut ia mengatakan, di hari ketiga ini dilanjutkan ke Dapil tiga. Hanya saja belum beres semuanya, masih dalam proses pleno.

”Mudah-mudahan hasil dapil selanjutnya ini bisa segera diselesaikan,” ucapnya.

Pleno rekapitulasi penghitungan suara juga diwarnai kericuhan. Akibatnya proses penghitungan suara terpaksa ditunda ke hari berikutnya.

(dan)