Hasil Pleno DPRD Jabar Dapil IV Cianjur, Wajah Baru bikin Kejutan

RADARCIANJUR.com – Para wakil rakyat di kancah DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) daerah pemilihan (dapil) 4 Kabupaten Cianjur tak banyak perubahan. Dari enam slot kursi yang tersedia tahun ini, sedikitnya tiga wajah lama kembali bertengger. Artinya ada tiga pendatang baru yang bersiap untuk memperjuangkan hak dan kebutuhan rakyatnya di Tanah Pasundan.

Masih menggunakan metode sainte lague, enam nama dari enam partai politik (parpol) pun sudah dapat diketahui dari banyaknya jumlah suara yang berhasil dikumpulkan. Urutan satu hingga keenam ada partai Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat, PDI Perjuangan dan PKB.

Dari tiga nama incumbent, nama Ade Barkah masih terlalu tangguh. Wakil Ketua DPRD Jabar ini berhasil meraup suara sebanyak 109.081
menggunakan kapal induk partai Golkar.

Incumbent selanjutnya dari parpol Gerindra, Mirza Agam Gumay. Pria kelahiran Agustus 1962 ini berhasil mengumpulkan suara 34.109. Nama Mirza diikuti rekan sejawatnya di DPRD Provinsi Jabar, Sadar Muslihat. Calon legislatif (caleg) dari PKS ini meraup poin suara sebanyak 32.132.

Sedangkan tiga wajah baru yang menghiasi kursi provinsi dalam periode 2019-2024 berikutnya masing-masing Lilis Boy, Asep Suherman dan M Tandiontong.

Nama Lilis Boy seolah tak asing terdengar. Yup, ia merupakan ibunda dari Hedi Permadi Boy yang merupakan anggota DPRD Provinsi Jabar periode 2014-2019. Lilis berhasil mengumpulkan tabungan suaranya dengan kendaraan partai Demokrat sebanyak 30.853.

Di kursi kelima, caleg dari PKB, Asep Suherman. PKB terbilang sukses merebut jatah kursi kali ini. Pasalnya, di periode sebelumnya PKB sama sekali tak kebagian jatah di DPRD Provinsi. Asep melakukan suksesi dengan perolehan 19.935 suara.

Nama terakhir yang memanaskan jatah kursi adalah M Tandiontong. Caleg dari PDI Perjuangan ini menutup batas jatah kursi dengan perolehan suara 18.109.

Jatah kursi untuk DPRD Provinsi Jabar Dapil 4 kali ini berbeda dengan sebelumnya. Kursi yang mampu diperebutkan pada periode lima tahun ke belakang sebanyak tujuh kursi. Hal itu tak lepas dari wilayah dapil 3 saat itu yang tergabung antara Kota Bogor dengan Kabupaten Cianjur. Saat ini, Kabupaten Cianjur memiliki slotnya sendiri yakni enam kursi.

(yaz)

3 Wajah Lama, 3 Wajah Baru
1. Ade Barkah Surahman (GOLKAR) 109.081
2. Mirza Agam Gumay (GERINDRA) 34.109
3. Sadar Muslihat (PKS) 32.132
4. Lilis Boy (DEMOKRAT) 30.853
5. Asep Suherman (PKB) 19.935
6. M. Tandiontong (PDIP) 18.109