Ketua Parpol Tumbang, Eks Pejabat Sukses

RADARCIANJUR.com – Jabatan struktural di dalam tubuh partai politik belum menjamin keberhasilan Ketua Dewan Pimpinan daerah (DPD) maupun Dewan Pimpinan Cabang (DPC) berhasil menembus pertarungan calon legislatif (caleg) DPRD Cianjur. Sedikitnya, dua ketua DPD atau DPC gagal duduk di kursi gedung dewan.

Salah satu ketua parpol adalah TB Mulyana Syahrudin. Pria yang menjadi caleg nomor 1 dari parpol Golkar daerah pemilihan (dapil) V ini harus ‘legowo’ dengan hasil rapat pleno yang dilakukan KPUD Cianjur. Meski Golkar berhasil mengamankan dua kursi di dapil V, namun Ketua DPD Golkar Cianjur ini berada di peringkat ketiga.

Di peringkat pertama ada nama Usep Saepuloh Zen dengan jumlah suara 6.951. Nama berikutnya yang menyusul Usep adalah incumbent Muhammad Isnaeni dengan perolehan suara 5.209. Sebenarnya, suara yang ditorehkan TB Mulyana sangat tipis dari Isnaeni. TB berhasil mengamankan jatah 5.092 suara di dapil V.

Kejadian serupa juga terjadi pada Ketua DPC PPP Kabupaten Cianjur, Jimmy Perkasa Has. Namun, Jimmy sebenarnya sudah berhasil mendapat kantong suara terbanyak dengan mengumpulkan 3.305 dari dapil I. Lumbung suaranya terbilang jomplang dengan caleg lainnya dari satu perahu PPP.

Contohnya saja caleg nomor 2 dari PPP, Asep Saepullah yang berada di posisi kedua mengikuti Jimmy dengan raihan 571 suara. Jimmy dinyatakan gagal karena kendaraan yang ditumpanginya, PPP belum berhasil mengumpulkan pundi suara parpol.

Kegagalan itu tak dirasakan para pendatang baru di dunia politik. Dua mantan pejabat di lingkungan pemerintahan Kabupaten (pemkab) Cianjur sukses masuk menjadi caleg yang bakal duduk di gedung dewan mendatang. Sebut saja nama mantan Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Cianjur, Esih Sukaesih Karo Karo.

Perempuan yang rutin bergelut di pemberdayaan perempuan ini mendapat suara 6.090 dengan perahu partai Nasdem. Caleg dengan nomor urut 2 ini menjadi satu-satunya kader yang berhasil menembus pertarungan caleg.

Selain itu, ada nama Jumati. Caleg nomor urut 7 dari partai Golkar ini bisa berpuas diri dengan torehan 4.399 suaranya. Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur ini tak seorang diri melenggang. Ia ditemani caleg nomor urut 1, Asep Iwan Gusniardi mewakili dapil II.

(yaz)