Pileg DPRD Kabupaten Cianjur, Gerindra-Golkar Bersaing Ketat

RADARCIANJUR.com – Terompet kemenangan bertiup bagi Gerindra. Partai politik (parpol) berlambang kepala Garuda ini benar-benar melakukan ekspansi besar-besaran. Hasilnya, Gerindra menjadi juara umum dengan jatah sebelas kursi di gedung dewan. Rata-rata, Gerindra berhasil measang jatah dua kursi dari setiap dapil.

Keperkasaan Gerindra terlihat santer di dapil III. Partai dengan sosok kuat Prabowo Subianto ini berhasil merebut tiga kursi di wilayah Karang Tengah hingga Haurwangi ini.

Trisula dari dapil III ini masing-masing adalah Andri Suryadinata, Asep Deni Mulyadi dan Yunus Sadar. Ketiganya sukses memberikan kontribusi total suara parpol yang mencapai 48.794 suara di dapil III. Andri berhasil mengumpulkan suara 11.330 diikuti Asep dengan poin 7.798 dan Yunus di angka 1.795.

Meski menjadi parpol terbayak meraih jatah kursi, namun Gerindra hanya menjadi pemenang di dua dapil yaitu dapil II dan dapil III. Gerindra mendapat pukulan kuat dari partai Golkar yang berhasil merajai tiga dapil lainnya.

Partai berlambang beringin ini menjadi pemenang di dapil I, dapil IV dan dapil V. Di tiga dapil itulah, Gerindra berada di posisi kedua suara terbanyak total suara sah. Golkar merajai suara Cianjur Selatan. Namun, Gerindra menempel ketat meski berada di belakangnya.

Maka tak heran, di dapil IV dan V, baik Golkar maupun Gerindra sama-sama mengamankan jatah dua kursi. Pertarungan merebut jatah kursi pun kental tersirat di dapil II. Keduanya pun kembali mengamankan jatah dua kursi.

Namun, di dapil I dan III inilah Gerindra berhasil memasang jarak untuk menjauhi Golkar dari perolehan kursi. Di dapil I saja, Gerindra mempunyai tabungan dua kursi sedangkan Golkar hanya satu kursi semata. Dapil III yang merupakan ‘basis’ massa Gerindra di Cianjur, Golkar hanya kebagian satu kursi saja sedangkan Gerindra tiga kursi.

Alhasil, Gerindra tetap memakai mahkota dengan kuota kursi terbanyak sebanyak 11, sedangkan Golkar menempati urutan kedua dengan perolehan delapan kursi.

Kebanggaan pun tak bisa dipendam salah satu caleg sekaligus Wakil Ketua DPRD Cianjur dari Partai Gerindra, Andri Suryadinata. Ia mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat selama ini. Kendati demikian, sebetulnya sejak awal pihaknya memasang target 12 kursi, tapi bersyukur dapat merebut 11 kursi juga tercapai di gedung DPRD Kabupaten Cianjur.

“Ini semua atas kepercayaan dan hasil kerja keras para caleg, kader dan simpatisan semuanya. Selain itu berpengaruh juga melihat sosok figur dua kandidat Capres-Cawapres, Prabowo-Sandi. Dan alhamdullilah bisa tercapai paling banyak kursi duduk di gedung DPRD Kabupaten Cianjur sebagai wakil rakyat,” katanya.

Ia menyambungkan, Partai Gerindra ada peluang besar rebut jadi Ketua DPRD Kabupaten Cianjur. “Isya Allah bisa tercapai sesuai harapan, melihat hasil kerja keras semuanya selama ini,” tutur Bendahara di Struktural Partai Gerindra Kabupaten Cianjur ini.

Di lain sisi, partai Nasdem berhasil membuat kejutan. Parpol yang diketuai Surya Paloh ini menempatkan diri berada di posisi ketiga dengan jatah enam kursi. Sedangkan PKS, Demokrat, PDI Perjuangan dan PKB memiliki jatah yang sama yaitu lima kursi. Disusul PAN dengan tiga kursi dan PPP dengan dua kursi.

(yaz/mat)