Masjid Agung Cianjur Sediakan 500 Takjil

BUKBER: Ratusan Warga Cianjur bersiap untuk buka bersama di Masjid Agung Cianjur. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Cianjur, sedikitnya menyediakan 500 porsi takjil untuk berbuka puasa bagi seluruh warga atau jamaah yang datang berbuka puasa di masjid. Makanan untuk berbuka puasa itu disajikan setiap hari selama bulan Ramadan.

Perwakilan Pengurus DKM Masjid Agung Cianjur, Muhammad Komar mengatakan, bagi warga Cianjur yang akan mengikuti berbuka puasa Masjid Agung Cianjur menyediakan takjil.

“Setiap tahun kita melakukan takjil bersama. Pertama puasa kami siapkan seribu paket buka. Tapi di hari berikutnya kami mampu sediakan 500. Alhamdulillah semuanya cukup, terkadang lebih. Dan kami tetap bagikan ke warga sekitar,” kata Komar saat ditemui di Kantor DKM Masjid Agung Cianjur, Kamis (9/5).

Komar menambahkan, menjelang adzan Magrib, pihaknya juga menggelar tadarus Alquran dan dilanjutkan tausiyah sebelum berbuka puasa.

“Jadi bukan hanya sekadar takjil, mereka dibawa dulu ngaji bersama. Jadi dari jam lima kurang sudah mulai baca Alquran, atau shalawat. Setelah itu ada ceramah tausiyah. Jadi mereka itu masuk ke masjid itu bukan hanya minta takjil. Tetapi taklim juga, nyari ilmu juga. Ada pengajian, ceramah, akhirnya nanti takjil bersama,” paparnya.

Ia mengatakan, pengurus masjid pun memberikan takjil ini juga agar membuka ruang yang lebih luas untuk kegiatan keagamaan. Pasalnya, pemberian takjil ini termasuk ibadah sosial.

“Alhamdulillah banyak dari donatur yang setiap harinya memberikan makanan bagi jamaah semua. Dan Alhamdulillah semuanya bisa mencukupi,” ujarnya.

Komar mengatakan, kegiatan yang sangat baik ini dilakukan untuk meraih amal yang maksimal. Dia berharap puasa umat Muslim Indonesia khususnya warga Cianjur semua lebih sempurna, dengan sungguh-sungguh menjauhi hal-hal yang dapat merusak puasa.

“Menyerukan kepada semua jamaah, agar sama-sama meningkatkan iman dan takwa, memperbanyak amal saleh, semoga ibadah kita diterima,” tandasnya.

(dan)