Menelisik Kegiatan Ramadan di Masjid Agung Cianjur. Gelar Tarawih, Tadarus dan Itikaf

KHUSUK: Sejumlah warga saat menjalani shalat tarawih di Masjid Agung Cianjur. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Masjid Agung Kabupaten Cianjur menggelar beragam kegiatan selama bulan Ramadan 1440 Hijriah. Selain salat tarawih dan ceramah agama rutin, masjid yang berada di kawasan Alun-alun Cianjur ini juga menggelar acara kajian Islam di setiap setelah shalat Dzuhur.

Perwakilan Pengurus DKM Masjid Agung Cianjur Muhammad Komar menjelaskan, sejumlah acara yang digelar di bulan Ramadan ini dapat diikuti oleh masyarakat umum. Mulai dari bimbingan tausiyah umum, maupun buka puasa bersama.

“Seperti biasa kita rutin menggelar kegiatan selama Ramadan. Ada Tarawih dan ceramah Tarawih, kemudian ada ceramah subuh. Kemudian ada kegiatan-kegiatan lain yang setiap hari dilaksanakan seperti kuliah tujuh menit (kultum) yang digelar setiap setelah Dzuhur berjamaah hingga selesai, dan kegiatan keislaman lainnya,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menggelar kegiatan itikaf di masjid bagi jamaah secara umum. Bahkan sudah ada sekitar 50 jamaah yang saat ini mengikuti itikaf di Masjid Agung Cianjur. Menurutnya kegiatan ini tidak ada biaya bagi yang ingin mengikuti itikaf disini. Hanya saja para jamaah lain pun membawa perbekalan selama bulan Ramadan.

“Untuk kegiatan itikaf ini semacam pesantren bagi jamaah yang ingin mengikuti saja. Dan semuanya gratis,” jelasnya.

Menurut Komar, pihaknya juga telah menyiapkan Alquran sekitar 1.000 mushaf bagi jamaah semua yang melaksanakan tadarus di masjid. Dan kebanyakan yang mengikuti pun beragam, bahkan dari pihak pemerintah maupun warga Cianjur lainnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sejumlah ulama baik di Cianjur maupun luar Cianjur dijadwalkan akan mengisi ceramah di Masjid Agung Cianjur. Salah satu penceramah yang turut hadir memberikan tausiyah adalah dari Palestina.

“Alhamdulillah beragam penceramah turut serta dalam kegiatan Ramadan kali ini. Selain dari ketua MUI, kemudian para ustadz dan ulama akan mengisi ceramah di Masjid Agung Cianjur. Kami berharap, mudah-mudahan saja Masjid Agung Cianjur ini tambah berkah. Dan para jamaah yang hadir ke masjid bisa terayomi, dan merasa nyaman selama berada di Masjid Agung Cianjur,” pungkasnya.

(dan)