Memupuk Rasa Sosial dan Solidaritas

BERBAGI: Rektor Unsur Dwidja Priyanto saat santuni anak yatim pada acara buka bersama.

RADARCIANJUR.com – Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur menggelar buka bersama (bukber) di Aula Perpustakaan, Sabtu (11/5).

Acara yang dihadiri pimpinan dan seluruh sivitas akademika ini juga diisi dengan santunan pada 260 anak yatim piatu dari beberapa pengelola yatim seperti dari Karangtengah, Cianjur, Cipanas, dan seputar kampus.

Rektor Unsur Dwidja Priyatno mengatakan, buka bersama dan santunan merupakan acara rutin Unsur setiap tahun di bulan Ramadan. Tujuanya untuk memupuk rasa sosial dan solidaritas diantara pimpinan rektorat, pimpinan fakultas, dosen dan para mahasiswa.

“Kita berupaya meningkatkan rasa kebersamaan dan sosial kita untuk berbagi dengan sesama terutama anak yatim piatu lewat buka bersama seluruh civitas, ya Alhamdulillah kita kompak terus,” kata Rektor dalam sambutanya.

Menurutnya, acara tersebut juga digelar sesuai tema makna Ramadan harus direalisasikan dala kehidupan sehari-hari.

“Tema acara ini yakni ‘melalui kegiatan buka puasa bersama, marilah kita implementasikan makna Ramadan di kehidupan keseharian kita,” ungkapnya.

Selain acara santunan dan bukber, acara juga diisi tausiyah yang disampaikan KH. Zaenal Abidin yang menyampaikan tentang keutamaan amal ibadah di bulan Ramadan. Menurutnya bulan Ramadan adalah bulan berkah dan ampunan.

“Kita juga harus memperbanyak amal-amalan ibadah karena nilainya luar biasa, selanjutnya bulan barokah, bulan maghfirah, bulan panen amalan, bulan yang diturunkanya Alquran, bulan ampunan bagi setiap amal kita, kebaikan bisa melebur kebaikan, keutamaan-keutamaan Ramadan juga disebut bulan ibadah, magfiroh dan ampunan Allah SWT,” terangnya.

(nag)