Berburu Takjil di Bazar Ramadan

ANTUSIAS: Warga yang tengah membeli menu takjil untuk berbuka puasa. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Memilih menu untuk berbuka puasa sering dilakukan sejumlah umat Muslim yang tengah melaksanakan ibadah puasa, mulai sore hingga menjelang waktu Magrib.

Beragam makanan dan minuman di bazar kuliner Ramadan yang digelar di kawasan K5 beserta UPTD Pasar Cipanas, bisa dijadikan referensi untuk mencari menu berbuka puasa.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha UPTD Pasar Cipanas, Suganda mengatakan, pelaksanaan bazar kuliner ini sudah dilakukan selama lima tahun berturut-turut. Dan ini menjadi salah satu faktor peningkatan ekonomi bagi warga.

Bazar digelar di tempat parkir Pasar Cipanas, beragam menu untuk berbuka puasa tersedia yang dijual puluhan pedagang. Mulai menu takjil sampai dengan menu untuk hidangan makan berat tersedia di bazar ini.

“Memang dirasa sangat membantu bagi warga terutama buat para pedagang di bazar ini. Selain menumbuhkan toleransi agar tidak berjualan di siang hari, juga membantu untuk tetap memiliki keuntungan selama bulan Ramadan,” tuturnya.

Suganda menuturkan, ada sebanyak 30 penjual yang ikut dalam bazar kuliner tahun ini. Jika dibandingkan dengan sebelumnya ada sedikit penurunan jumlah penjual. Sebab, di tahun ini beberapa penjual musiman itu lebih memilih untuk berjualan di tempat lain.

“Setiap tahun tempat ini sudah biasa disulap menjadi tempat kuliner berbuka puasa, jadi warga sudah tak sulit lagi mencari menu untuk berbuka puasa,” tambahnya.

Sementara itu, Seorang pengunjung, Deden (30) mengatakan, cukup terbantu dengan adanya lokasi yang menyediakan menu untuk berbuka puasa ini.

“Alhamdulillah disini kan cukup komplit, mau apa saja ada. Kalau bosan menu bisa ganti, seperti makanan atau minuman segar, termasuk kolak juga banyak,” kata dia.

(dan)