Pohon Tua di Jalan Abdullah Bin Nuh Dieksekusi

DITEBANG: Pohon kanan kiri jalan (kakija) sepanjang jalan Abdullah Bin Nuh yang sudah tua dan rapuh mulai dibersihkan agar tidak membahayakan pengendara.

RADARCIANJUR.com – Pohon kanan kiri jalan (kakija) di sepanjang jalan Abdullah Bin Nuh mulai ditebang satu persatu, akan tetapi tidak semua pohon yang dieksekusi.

Hanya pohon dengan kondisi yang sudah tua dan rapuh saja.

Hal tersebut dilakukan agar tidak menjadi bahaya bagi pengendara yang melintas akibat dari ranting yang jatuh maupun pohon yang tumbang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, Akos Koswara melalui Kasi Inventarisasi Rencana Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kajian DLH, Ade Bobon mengatakan, penanganan kakija mengacu pada peraturan bupati (perbup) yang melibatkan masyarakat dalam menjaganya. Sementara kewenangan DLH hanya mengeluarkan izin menebang berdasarkan pemohon.

“Sebenarnya DLH kewenangannya hanya mengeluarkan izin menebang saja berdasarkan pemohon, secara teknisnya nanti dilakukan survey terlebih dahulu lalu diproses,” ujarnya.

Selanjutnya, nantinya DLH memberikan rekomendasi ke PUPR untuk dieksekusi.

“Nanti tergantung pertimbangan teknisnya, seperti pohon yang memang sudah waktunya untuk ditebang karena rapuh dan sudah tua. Kalau dibiarkan nanti berbahaya bagi pengendara,” paparnya.

Selain itu, pemantauan melibatkan tenaga lapangan seperti penyapu jalan yang memang sudah sering beraktifitas di jalan yang teradapat kakija.

Penyapu jalan yang nantinya akan memberikan informasi terkait pohon yang sudah layak untuk dieksekusi.

(kim)