Ratusan Butir Petasan Diamankan Polisi

RAZIA: Petugas gabungan Polsek, trantib dan unsur terkait melakukan razia dan penertiban petasan. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Kepolisian Sektor (Polsek) Pacet gencar melaksanan penertiban atau operasi cipta kondisi (Cipkon) dengan sasaran razia petasan ke sejumlah titik yang ada di wilayah Kecamatan Cipanas.

Razia kali ini dipusatkan di pasar Cipanas, dengan sejumlah titik yang diduga menjual berbagai macam petasan.

Kapolsek Pacet Kompol Suhartono mengatakan, langkah ini di ambil untuk menciptakan kondisi yang nyaman dan tenang selama menghadapi bulan suci ramadan. Khususnya untuk umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Kami bersama petugas dari trantib Kecamatan Cipanas menyisir sejumlah tempat jualan atau lapak yang diduga menjadi lokasi penjualan petasan. Khususnya di pasar Cipanas ini,” katanya, Selasa (14/5).

Dari hasil kegiatan razia tersebut, lanjut Suhartono, sedikitnya sekitar seratus butir petasan ukuran kecil yang berhasil disita dari pedagang milik LP(43), warga Desa Cipanas.

“Hampir rata-rata sisanya, para pedagang petasan itu warga Cipanas. Seperti Indra, Feri, Jelita, dan Bombom yang juga warga Cipanas. Tetapi beberapa warga itu, tidak ditemukan menjual petasan yang dinilai membahayakan,” tuturnya.

Kapolsek mengimbau, kepada para pedagang untuk tidak menjual belikan petasan kepada masyarakat, apalagi dijual ke anak-anak dibawah umur. Karena menurutnya, petasan selain dapat mengganggu Umat Muslim saat beribadah di bulan Ramadan, juga sangat membahayakan nyawa.

“InsyaAllah razia ini akan kami rutin lakukan, khususnya selama bulan Ramadan,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang penjual di kawasan Pacet, YS (35) mengaku, dirinya untuk tahun ini tidak menjual petasan. Baik ukuran kecil ataupun besar. Karena menurutnya, cukup ditakutkan mengancam dirinya dan orang lain.

“Sekarang kan sudah ada beberapa beritanya, kalau petasan itu bisa membahayakan. Apalagi ada yang sampai meninggal akibat petasan. Wah, saya sih enggak akan jualan jenis itu kang. Mudah-mudahan di Cianjur ini tidak ada sesuatu yang tidak diinginkan, apalagi korban karena ledakan petasan,” pungkasnya.

(dan)