Target Perbaikan Jalur Mudik Harus Selesai H-7

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menargetkan perbaikan jalur mudik harus sudah selesai pada H-7 lebaran Idul Fitri 1440 H. Tidak hanya untuk ruas jalan kabupaten, penanganan jalan rusak juga dilakukan di ruas jalan provinsi dan nasional.

Saat ini, Pemkab Cianjur sudah memanggil dan berkoordinasi dan memanggil dinas terkait seperti Dinas PUPR serta kepala balai yang ada di kecamatan untuk melakukan inventarisir ruas jalan kabupaten yang nantinya akan digunakan untuk jalur mudik.

“Kita sudah memanggil Dinas PUPR dan para kepala balai di kecamatan untuk menginventarisir ruas jalan kabupaten, terutama yang digunakan jalur mudik dan mengalami kerusakan,” ujar Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman.

Kerusakan tersebut hanya sebatas berlubang dan kerusakan ringan, sedangkan jika kerusakan parah akan diperbaiki pasca Idul Fitri. Terutama yang sudah masuk dalam rencana pembangunan di tahun ini dan akan dilelangkan dalam waktu dekat.

“Perbaikan sudah dilakukan sejak awal puasa, tapi yang sebatas jalan berlubang dan dinilai membahayakan pemudik. Kalau yang memang rusak parah atau belum teraspal, itu nanti secara utuh oleh PUPT, bukan perbaikan yang masuk dalam musim mudik ini. Sebab kan tengah proses lelang ruas jalan utama yang harus dibangun tahun ini,” paparnya.

Lanjutnya, selain ruas jalan kabupaten, Pemkab Cianjur juga mendorong ada perbaikan di ruas jalan provinsi dan nasional. Herman pun mengaku sudah berkoordinasi dengan balai provinsi dan balai dari kementerian PU untuk penanganan jalan rusak tersebut.

Oleh karena itu, ia optimis sepekan sebelum Idul Fitri, ruas jalan yang digunakan sebagai jalur mudik akan aman dilalui.

“Target kami seperti itu, sepekan sebelum hari lebaran. Soalnya pasti pemudik sudah mulai melintas di pekan terakhir Ramadan,” jelasnya.

(kim)