Ada Miliaran Rupiah di Cibadak

Kepala Desa Cibadak Elan Hermawan berada di tempat pembuatan bata merah.

RADARCIANJUR.com -Desa Cibadak, Kecamatan Cibeber terkenal sebagai salah satu penghasil batu bata merah dengan kualitas terbaik di Kabupaten Cianjur.

Mayoritas warga di Desa Cibadak menggantungkan perekonomiannya di usaha tersebut. Melalui prodiksi bata metah itu Uang miliaran rupiah berputar setiap bulannya

Kepala Desa Cibadak Elan Hermawan, menyebutkan jika pengusaha bata merah di desanya lebih dari seratus orang. Sedangkan tiap pengusaha bisa memproduksi rata-rata lima ratus bata jika dalam kondisi ideal.

“Kalau saat ini harga bisa capai Rp 450 per satu buah dan terkadang ada yang mencapai Rp 500 per satu buah,” ungkapnya. (16/5)

Produksi bata merah biasa terkendala dengan cuaca. Saat musim hujan biasanya produksi akan terhambat. Proses pengeringan bisa sampai berlangsung lama.

“Kalau lagi musim hujan satu minggu bisa baru kering,” katanya.

Elan mengaku jika kualitas bata merah di desanya sangat bagus. Batu bata merah didesanya memiliki karakteristik tidak mudah patah atau keras, serta mulus.

Produk bata merah buatan warga Desa Cibadak sudah terkenal kualitasnya, sejak berpuluh tahun lalu. Bata merah ini seolah menjadi jaminan mutu, sebab, sering menjadi rujukan banyak orang yang hendak mencari bahan bangunan tersebut.

“Perminatnya tidak hanya berasal dari sekitar Cibeber. Akan tetapi, datang dari daerah daerah lainnya,” pungkasnya.

(dil)