Waduh, Bocah di Cianjur ‘Ngelem’, Kak Seto Bakal Temui Bupati

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Pergaulan di Kabupaten Cianjur nampaknya cukup mengkhawatirkan, terlebih bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Beragam kejadian dari mulai merokok hingga kegiatan negatif lainnya, seperti minghirup lem.

Dari pantauan, sejumlah bocah usia anak sekolah dasar tampak berjalan beriringan dengan sedikit sempoyongan. Pemandangan tersebut terjadi didapati Radar Cianjur pada Kamis (16/5) malam jelang tengah malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Di sepanjang trotoar itu, mereka tampak menunduk dan mengangkat kaosnya sebagaimana tengah mengisap lem. Mengetahui hal tersebut, sejumlah warga menegur bocah-bocah tersebut. Akan tetapi, mereka langsung melarikan diri menghindari adangan warga.

Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia (PAI), Seto Mulyadi mengatakan, anak-anak di usia belia tersebut sangat mudah terpengaruh dengan hal-hal yang baru bagi mereka. Selain itu, pemantauan dari masyarakat sekitar dan juga orang tua begitu minim.

“Anak-anak ini sangat mudah terpengaruh, saya mohon peran serta masyarakat pun harus turut berpartisipasi dalam hal ini dan bukan hanya menjadi tugas pemerintah saja,” ujarnya saat dihubungi Radar Cianjur via telepon selularnya, kemarin.

Bukan hanya itu saja, pria yang disapa Kak Seto ini pun mengimbau kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Cianjur untuk membuat suatu tim khusus menangani permasalahan anak.

Tim khusus ini nantinya tersebar di setiap Rt dan juga desa, sehingga ada antisipasi lebih awal. Seperti daerah-daerah lainnya yang sudah menerapkan hal tesebut, seperti di Tangerang Selatan.

“Jadi nantinya ini dinamakan Satgas Perlindungan Anak yang tersebar di setiap desa dan juga rt, tugasnya menangani permasalahan anak dan juga memberikan pembinaan agar ada antisipasi dini,” paparnya.

Dirinya pun berencana akan menemui Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman jika waktunya memungkinkan dan sudah diagendakan. Sehingga permasalahan anak di Kabupaten Cianjur bisa tertangani dan dirinya pun akan bertukar pikiran dengan Plt Bupati Cianjur.

“Kalau nanti waktunya sudah pas, saya akan datang ke Cianjur untuk menemui pak bupati guna membahas permasalahan anak,” tutupnya.

(kim)