Awas, Maling Berkeliaran di Bulan Ramadan

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Warga Kampung Warungkiara RT3/9, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur perketat sistem keamanan lingkungan ( Siskamling), Senin (20/5).

Hal itu dilakukan, agar tidak terjadi hal yang diinginkan pada momen bulan Ramadan kali ini, seperti halnya pencurian.

Ketua RT3/9 Warungkiara, Asep Muhaemin mengatakan, sebetulnya sebelumnya bulan puasa juga aktif siskamling. Kalau soal keamanan harus tetap terjaga dan memang suatu kewajiban warga yaang tentunya.

”Sudah terjadwal sebelum pertama kali jelang puasa dan Alhamdullah kampung kita aman terkendali,” katanya.

Jadwal siskamling sudah terdata, ada tertempel selembaran kertas ada di pos ronda. Dibagi sedikitnya enam orang, kalau gak hadir bayar buat keperluan administrasi sekitar Rp25 ribu. Sementara itu, Ricky (30) salah seorang warga setempat membenarkan, adanya pembayaran administrasi itu, lebih kepada untuk kebersamaan, kompak dan silaturahmi, sehingga sesama tetangga bisa saling kenal dan ada keakraban.

”Karena hidup itu gak bisa sendiri, tapi harus mengutamakan gotong royong dan rasa sosial kemanusiaan. Misalnya kalau ada tetangga yang sakit dan meninggal kita bisa mengetahui saling membantu untuk bertoleransi, ” ucapnya.

Ketua DKM Masjid Maryam, Bambang mengatakan, hidup harus bermasyarkat, jangan saling egois dan karena gengsi soal pangkat jabatan. Justru harus berbaur dengan tetangga, saling kenal dan akrab.

”Jadi jangan sampai mengandalkan antara satu dengan yang lainnya, karena silaturahmi penting dan perlu terjaga dengan baik. Sehingga lingkungan bisa aman dan kondusif,” pungkasnya.

(mat)