Alhamdulillah, Aminah Sudah Dijemput Disnakertrans Cianjur

Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnakertras) Kabupaten Cianjur akhirnya menjemput Aminah alias Umi Kulsum

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnakertras) Kabupaten Cianjur akhirnya menjemput Aminah alias Umi Kulsum, tenaga kerja wanita (TKW) warga Kampung Jangarang RT4/2, Desa Panyusuhan, Kecamatan Sukaluyu, Rabu (22/5) kemarin.

Aminah alias Umi Kulsum yang diketahui bekerja di Arab Saudi sebagai TKW iegal sebelumnya mengalami stroke dan ditemukan terlantar di pinggir jalan. Ia kemudian dirawat selama empat tahun di perantauannya.

Lantaran tak bisa berbicara dan menulis, ia kemudian dinamai Aminah dan tak tak diketahui asal muasalnya dari daerah mana. Beruntung, ia kemudian bisa dipulangkan dan dirawat di RSUD Al-Ihsan, Bandung.

Usai dipastikan identitas, alamat dan kaluarganya, Aminah lantas dijemput untuk dibawa pulang ke rumahnya.

Plt Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja (Disnasker) Heri Suparjo menyatakan, sudah untuk proses pemulangan Aminah, sudah dilakukan serah terima Aminah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat ke Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur.

“Itu dari Provinsi dikawal oleh Disnakertras Provinsi Jabar, dari Pemkab Cianjur diwakili oleh asisten II. Bahkan disaksikan langsung dari BNPT2TKI, Disnaker Cianjur, dan Dinkes Provinsi Jawa Barat,” jelasnya kepada Radar Cianjur.

Selain penjemputan untuk memulangkan dan menyerahkan Aminah kepada keluarganya, lanjut dia, pihaknya juga akan memfasilitasi proses perawatan dan penyembuhan Aminah.

Kepala Seksi (Kasi) Bidang Pengembangan Disnaker Provinsi Jawa Barat, Dadang memastikan pihaknya akan memberikan bantuan. Akan tetapi, pihaknya masih harus membuatkan identitas untuk Aminah seperti e-KTP, Kartu Keluarga dan Kartu BPJS.

“Akan diajukan biaya hidup untuk jangka waktu tertentu. Sebagian juga ditanggung Pemkab Cianjur,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kabupaten Cianjur, Ricky Ardhi Hikmat mengatakan, saat ini pihak keluarga sudah dipertemukan di RSUD AL-Ihsan di Bandung.

“Bantuan katanya itu ditanggung pihak provinsi semua. Sekalian buat proses kelengkapan administrasi di rumah sakit,” ujarnya.

(mat)