Gekbrong Gencar Sosialisasikan Zakat

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Gekbrong selama Ramadan tahun 2019 ini gencar melakukan sosialisasi mengenai mekanisme pengumpulan zakat ke setiap desa. Sosialisasi yang dilakukan oleh UPZ ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat yang beragama Islam untuk menunaikan ibadah zakat.

Ketua UPZ Kecamatan Gekbrong, Cecep Surayabara mengatakan, pengumpulan zakat tidak hanya terjadi di bulan Ramadan, melainkan juga di bulan-bulan biasa. Namun, puncak pembayaran zakat, infaq, dan sedekah terjadi pada bulan Ramadan, sehingga UPZ melakukan peningkatan sosialisasi dan edukasi zakat kepada masyarakat.

“Belum lama ini UPZ mengunjungi desa desa di Kecamatan Gekbrong. Kami menjelaskan mengenai mekanisme pengumpulan zakat,” jelas Cecep.

Cecep mengatakan UPZ tak hanya fokus terhadap jumlah penerimaan zakat yang masuk, namun juga meningkatkan jumlah orang yang wajib memberikan zakat.

“Ketika jumlah zakat yang kami himpun lebih sedikit dari tahun sebelumnya, diharapkan jumlah persebaran muzakinya yang meningkat dari tahun sebelumnya. ini menunjukkan keberhasilan sosialisasi dan edukasi yang telah dilakukan oleh UPZ,” ujarnya.

Terpisah, Camat Gekbrong Adang Sumariyadi mengatakan, dengan gencarnya sosialisasi mekanisme zakat ini, diharapakan masyarakat menyadari akan dilaksakanya zakat fitrah itu sendiri.

“Zakat fitrah merupakan kewajiban, mudah mudahan zakat fitrah di Kecamatan Gekbrong ini betul-betul meningkat,” katanya.

(dil)