Ajukan Surat ke Plt Bupati, Camat Minta Kades Cieundeur Diberhentikan

RADARCIANJUR.com – Warga Desa Cieundeur terancam tak punya kepala desa. Itu setelah Kecamatan Warungkondang mengajukan Surat Permohonan Pemberhentian Kades Cieundeur tersebut kepada Bupati Cianjur.

Camat Warungkondang, Candra Dwi Kusumah mengatakan, surat pengajuan tersebut merupakan tindak lanjut dari aduan masyarakat Desa Cieundeur.

“Kami pemerintah kecamatan hanya menindaklanjut sesuai dengan perundang-undangan yang ada, dalam hal ini payung hukumnya Perbub no 28 tahun 2018,”katanya, kemarin.

Menurutnya, selain memgajukan surat ke Plt Bupati Cianjur, kecamatan juga melakukan monitoring ke Desa Cieundeur dan hasil dari monitoring, ditemukan banyak ketidakcocokan.
“Kami laporkan karena masyarakat sudah mengeluarkan mosi tidak percaya terhadap kepala desa,”ujarnya.

Candra mengatakan, guna meredam dan menstabilkan masyarakat, pihak kecamatan mengajukan surat permohonan kepada Plt Bupati Cianjur, yang isinya meminta Bupati untuk memberhentikan sementara Kades Cieundeur.

“Masyarakat sudah tidak percaya atas kinerja Kades Cieundeur, dan berdasarkan monep juga banyak permasalah yang menyangkut anggaran yang belum terealisasikan,”katanya.

Menurut Candra, anggaran yang tidak terealisadikan tersrbut berasal dari empat sumber diantaranya, DD, ADD, Banprop dan PADes. “Anggaran yang tidak terealisasikan sejak tahun 2017,”pungkasnya.

(dil)