Pasar di Cianjur Perlu Fasilitas ATM

RAMAI: Pasar Muka Cianjur perlu tambahan fasilitas berupa anjungan tunai mandiri (ATM) agar lebih mempermudah masyarakat. FOTO: Hakim/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pasar merupakan penunjang niaga suatu daerah dengan perputaran uang yang tidak sedikit, tentunya perlu fasilitas penunjang agar lebih memudahkan transaksi dalam berniaga seperti anjungan tunai mandiri (ATM). Pasalnya tidak semua masyarakat membawa uang tunai untuk berbelanja di pasar.

Seperti halnya di Pasar Muka Cianjur, meski sudah tersedia satu unit ATM akan tetapi itu masih dirasa kurang untuk menunjang transaksi tarik tunai. Tidak semua masyarakat memiliki tabungan atau ATM hanya satu jenis bank saja, sehingga kelengkapan itu dirasa perlu.

Plt Kepala Pasar Muka, Agus melalui Kepala Keamanan Pasar Muka, Rizal menuturkan, ketersediaan ATM saat ini baru satu unit. Penambahan ATM tentunya sangat mendukung dan menambah kemudahan masyarakat.

“Di Pasar Muka kan baru ada satu, tentunya kalau ada ATM yang lain bisa lebih lengkap fasilitasnya dan sangat membantu,” ujarnya.

Lanjutnya, perputaran uang di pasar tentunya sangat mendorong segala sektor seperti halnya perbankan. Sehingga ketika penambahan ATM bisa turut memberikan kemudahan bagi masyarakat yang memang tidak membawa uang tunai dengan jumlah tak sedikit.

“Kan tidak semua masyarakat sama memiliki ATM seperti disini, jadi kalau ada mesin ATM dari bank lainnya tentu membantu juga,” paparnya.

Seperi halnya yang diutarakan Budi (35), pemilik distro di Pasar Muka, jika ada penambahan mesin ATM tentu dirinya turut mengapresiasi penambahan fasilitas ini.

“Ya saya sebagai pedagang tentu turut merasa tertolong apalagi ATM-nya yang bisa setor tunai, jadi di toko tidak harus menyimpan uang banyak, langsung bisa disimpan di ATM,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindagin) Kabupaten Cianjur, Himam Haris mengatakan, hadirnya mesin ATM tentu sangat membantu. Karena masyarakat saat ini memang beberapa diantaranya sudah menggunakam ATM.

Beberapa perusahaan pun sudah menerapkan sistem pengupahan melalui bank. Sehingga jika sewaktu-waktu bisa diperlukan. “Kalau kita sangat setuju dengan keberadaan ATM, tentu sangat membantu dan di pasar yang ada di Cianjur sangat diperlukan seperti Pasar Induk Cianjur (PIC) serta Pasar Muka,” jelasnya.

(kim)