Pemdes Sukanagalih Bangun Gelanggang Olahraga

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa Sukanagalih terus berupaya meningkatkan pemberdayaan bagi masyarakat. Hal tersebut dilakukan salah satunya dengan membangun gelanggang olahraga (GOR) dan sejumlah fasilitas bagi LPM dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sukanagalih.

Kepala Desa Sukanagalih, Dudung Djunaedi mengatakan, dari hasil Musyawarah Bersama Desa (MusrembangDes) waktu lalu, Pemerintah desa ingin merealisasikan aspirasi daripada warga masyarakat di Desa Sukanagalih. Terlebih, adanya fasilitas umum seperti gelanggang olahraga ini.

“Kami berusaha membangun GOR ini dari anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019 tahap 1. Mudah-mudahan nantinya bisa bermanfaat dan memberdayakan masyarakat desa,” kata Haji Dudung.

Ia menjelaskan, lahan yang sedang dibangun sekitar 21meter x 17meter dan ditambah 3,25 x 15 meter itu, menurutnya bisa mencukupi membangun beberapa fasilitas GOR dan ruangan bagi perangkat desa lainnya.

Kendati demikian, dari DD tahap satu ini baru dianggarkan sebesar Rp 650 juta. Tetapi yakin untuk pembangunan ini bisa rampung di tahun 2019 ini.

“Jadi total luas pembangunannya sebesar 405,75 meter persegi. Dan walaupun nantinya belum semua beres, tetapi saya yakin anggaran di tahap selanjutnya bisa dibantu dengan dan tersebut,” jelas Kades.

Kedepannya, Kades mengatakan, dari hasil pembangunannya nanti, Pemdes akan memberdayakan juga BUMDes sebagai pengelola gelanggang olahraga. Sehingga bisa menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

“Jadi kami memilih membangun gelanggang ini karena dinilai perlu dan bisa menghasilkan. Serta pembangunan infrastruktur lain pun dinilai masih baik,” kata Dudung.

Ia berharap, dengan segela usaha yang dilakukan Pemerintah desa, bisa lebih meningkatkan baik hasil bagi desa, maupun bagi warga desa. “Minimal itu saya punya kenang-kenangan bagi warga. Ketika saya sudah tidak di desa lagi, tetapi masih ada bangunan yang bisa dimanfaatkan dan diberdayakan oleh warga desa semua,” pungkasnya.

(dan)