Idul Fitri, Empat Warga Binaan Lapas Cianjur Bebas, 534 Dapat Remisi Masa Tahanan

BEBAS: 734 warga binaan Lapas II B Cianjur mendapatkan remisi di Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah 2019 Masehi.

RADARCIANJUR.com – Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah yang jatuh pada 5 Juni 2019 nampaknya memberikan kebahagiaan bagi warga binaan Lapas II B Cianjur. Pasalnya, sebanyak 539 ditambah tiga warga binaan pelepasan bersyarat (PB) serta empat warga binaan menghirup udara bebas.

Remisi yang diusulkan beragam dari mulai 35 hari, satu bulan, satu bulan 15 hari, dua bulan dan bebas. Bagi warga binaan yang pelepasan bersyarat harus melakukan wajib lapor.

Kepala Lapas II B Cianjur, Gumilar Budirahayu menuturkan, remisi yang diberikan sebelumnya diusulkan ke Balai Pemasyarakatan.

“Semua warga binaan yang mendapakan remisi sebelumnya kita usulkan terlebih dahulu ke Balai Lapas (Bapas) dengan berbeda-beda dari mulai 35 bulan hingga bebas. Tapi ada pelepasan bersyarat atau pb yang memang tidak tercantumkan di surat, yang mana warga binaan tersebut untuk wajib lapor nantinya,” ujarnya.

Lanjutnya, empat warga binaan yang menghirup udara bebas langsung bisa kembali berkumpul dengan keluarga.

Selain remisi, kebahagiaan pun bertambah dengan kunjungan yang diberikan kepada keluarga warga binaan yang ingin menjenguk.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, di hari raya ini kita berikan waktu dari jam sembilan hingga jam tiga sore untuk keluarga yang ingin berkunjung dan itu diberlakukan selama tiga hari. Karena momentum ini selalu membeludak tapi kita tetap menerapkan prosedur-prosedur kunjungan,” tambahnya.

Dirinya pun berharap, warga binaan yang sudah menghirup udara bebas bisa lebih memperbaiki diri dan tidak terjerumus kepada kesalahan yang sama. Sehingga pembinaan dan segala kegiatan di lapas dengan sesuath yang positif bisa diaplikasikan di kehidupan agar lebih baik lagi.

(kim)