Jalan Penghubung Dua Kecamatan Rusak, Begini Kondisinya

Akes jalan alternatif penghubung antara Kecamatan Karangtengah dan Mande yang rusak

RADARCIANJUR.com – Akes jalan alternatif penghubung antara Kecamatan Karangtengah dan Mande yang rusak, hingga kini masih terbengkalai dan belum ada perbaikan. Padahal, warga membutuhkan jalan akses tersebut untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Atas kondisi tersebut, warga setempat dan para pengendara yang melintas pun mengeluhkan kondisi rusaknya jalan tersebut. Mereka berharap, agar perbaikan jalan bisa secepatnya dilakukan.

Ade (49), warga setempat mengatakan, dirinya hendak ke Raped, Kecamatan Mande dengan melintasi jalan utama. Namun karena macet, ia memilih melintasi jalan tersebut. Sayangnya, kondisi jalan rusak parah.

“Kami sebagai pengguna jalan ingin jalan di sejumlah desa mulus, kan bantuan dari pemerintah sudah ada. Hanya tinggal memanfaatkan program bantuan saja,” ujarnya.

Tak jauh berbedar, Tarman Hambali (51) warga lainnya mengeluhkan hal yang sama. Karena itu, warga berharap agar perbaikan jalan bisa dilakukan sesegera mungkin.

Sepengetahuan dirinya berdasarkan informasi dari keluarganya di Cianjur Selatan, sejumlah jalan akses pedesaan di Kecamatan Cidaun saat ini sudah bagus dan mulus.

“Padahal Kecamatan Mande dan Kecamatan Karangtengah bisa dikatakan jauh lebih dekat dengan kota,” tuturnya.

Sementara, Wawan (32), warga lainnya menambahkan, kondisi rusaknya jalan penghubung itu sudah terjadi sejak lama. Semestinya, Pemkab Cianjur melalui dinas terkait bisa lebih responsif dengan kondisi jalan tersebut.

“Karena jalan ini sudah lama rusak dari mulai dulu pertama kali dibangun sampai saat ini belum ada perbaikan lagi,” bebernya.

Kondisi tersebut cukup disesalkan Dika (30), salah satu pemerhati pembangunan infrastruktur yang juga aktivis Cianjur ini. Menurutnya, kini pemerintah pusat sedang gencar-gencarnya fokus membangun infrastruktur, diantaranya jalan tol.

Tapi ternyata beberapa titik jalan masuk di perdesaan masih rusak. Seperti jalan alternatif di Desa Sukasarana yang merupakan penghubung dua kecamatan di Kabupaten Cianjur.

“Seakan menjadi pemandangan suram, jika masih jauh dengan yang diharapkan. Apalagi sekarang kan ada anggaran Dana Desa (DD) yang memang fokusnya untuk pembangunan infrastruktur,” sesalnya.

Dihubungi terpisah, Camat Mande, Doni menjelaskan, jalan akses dimaksud tersebut statusnya adalah jalan kabupaten. Sementara dari Pemerintah Kecamatan Mande sudah memasukkan usulan perbaikan jalan tersebut melalui Musrenbang.

“Mudah-mudahan bisa terakomodir secepatnya oleh pihak dinas terkait,” harapnya.

(mat)