Tim Medis Masih Siaga 24 Jam di Pos Pam Lebaran 2019

Sejumlah tim medis yang ada di beberapa puskesmas wilayah Utara Cianjur diikutsertakan sebagai tenaga medis dan ditempatkan di seluruh pos pam Lebaran 2019 di Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sejumlah tim medis yang ada di beberapa puskesmas wilayah Utara Cianjur diikutsertakan sebagai tenaga medis dan ditempatkan di seluruh pos pam Lebaran 2019 di Cianjur. Para petugas medis itu disiagakan sejak 19 Mei sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

Hal tersebut disiapkan, guna mengantisipasi kondisi darurat di lapangan, khususnya di beberapa titik rawan lalu lintas. Selain itu, juga untuk memberikan pelayanan medis bagi para pemudik yang memang membutuhkan.

Kepala Puskesmas Sukanagalih, Pacet, Agus Suhendar mengatakan, tim medis yang disiagakan selama 24 jam ktu terdapat di beberapa titik. Diutamakan di jalur-jalur utama yang mengalami peningkatan volume kendaraan dan lonjakan pemudik dan arus balik.

“Ada titik-titik khusus yang paling dominan di arus lalu lintas. Seperti, Pos pengamanan seger alam, Sindanglaya, Pacet, dan titik di wilayah Cipanas lainnya. Pelayanannya pun akan tetap maksimal sepanjang waktu libur itu,” papar Agus.

Hal tersebut juga dilakukan, untuk memastikan pengendara yang melintas di jalur protokol Cipanas tetap nyaman dan sehat. Pasalnya, pelayanan kesehatan apapun akan dilayani oleh tenaga medis.

“Kami berharap perjalanan arus mudik dan balik lebaran pun tetap aman bagi para semua pengendara. Maka dari itu, beberapa puskesmas juga akan menurunkan personil masing-masing dengan maksimal selama libur lebaran berlangsung,” jelasnya.

Ia mengatakan, seluruh tenaga medis akan siaga di pos pengamanan bersama instansi lainnya. Diantaranya dari pihak kepolisian, dan Saka Bhayangkara atau Pramuka.

“Kami juga siaga di pos pelayanan yang berada di Kota Bunga, Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara,” tambahnya.

Ia mengatakan, pelayanan kesehatan didominasi oleh pengecekan ringan yang tidak merenggut nyawa hingga kondisi kesehatan pengendara yang menurun.

“Selain itu, kami mengecek juga para anggota kepolisian yang sedang bertugas di pos pengamanan. Jadi pasti akan dimaksimalkan semua pelayanan dari tim medis ini,” pungkasnya.

(dan)